26.5 C
Mataram
Senin, 4 Maret 2024
BerandaAdvetorialMBKM Membangun Desa Prodi Teknik Pertanian Unram Latih Warga Karang Sidemen Buat...

MBKM Membangun Desa Prodi Teknik Pertanian Unram Latih Warga Karang Sidemen Buat Tepung Pisang

Lombok Tengah (Inside Lombok) – MBKM Membangun Desa Prodi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri, Universitas Mataram (@membangundesa_karangsidemen) pada Rabu (18/11) lalu mengadakan pelatihan pembuatan tepung pisang di Desa Karang Sidemen, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Dengan melibatkan Kelompok Wanita Tani (KWT) Kaki Rinjani dan menerapkan teknologi Solar Dryer Dome untuk pengeringan pisang, pelatihan ini tidak hanya berhasil menghasilkan tepung pisang berkualitas tinggi, tetapi juga memberikan dampak positif pada ekonomi lokal.

KWT Kaki Rinjani telah memberikan kontribusi positif dalam peningkatan pengetahuan dan ketrampilan ibu-ibu di desa tersebut. Pemilihan pisang sebagai komoditas utama dalam pelatihan ini didasarkan pada potensi melimpahnya di daerah tersebut. Namun belum dimanfaatkan secara optimal.

Tim MBKM Prodi Teknik Pertanian Unram di Karang Sidemen. (Inside Lombok/Ist)

Dengan memberikan panduan dalam diversifikasi produk pangan dari pisang, pelatihan ini berusaha menggali potensi lokal untuk meningkatkan produktivitas dan ekonomi keluarga. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa kualitas tepung pisang yang dihasilkan memuaskan, dengan efisiensi pengeringan optimal melalui penggunaan Solar Dryer Dome.

Pendekatan pelatihan praktik dan partisipatif berhasil meningkatkan keterampilan peserta, dan melibatkan masyarakat dalam pengujian produk juga memberikan dampak positif pada penerimaan pasar dan aspek sosial-ekonomi. Keberhasilan pelatihan tidak hanya terbatas pada aspek teknis produksi, tetapi juga mencakup pemberdayaan masyarakat dan pengembangan potensi lokal.

- Advertisement -
Sosialisasi pembuatan tepung pisang dari MBKM Prodi Teknik Pertanian Unram di Karang Sidemen. (Inside Lombok/Ist)

Dengan demikian, pelatihan ini bukan hanya memberikan manfaat dalam peningkatan keterampilan individu, melainkan berkontribusi juga untuk pengembangan ekonomi lokal. Kesuksesan implementasi teknologi Solar Dryer Dome tidak hanya mempercepat proses produksi, tetapi juga menciptakan solusi berkelanjutan dengan penggunaan energi matahari sebagai sumber utama.

Melalui inisiatif ini, tercipta sinergi antara pengembangan produk lokal, peningkatan keterampilan masyarakat, dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di Desa Karang Sidemen. (r)

- Advertisement -

Berita Populer