13 Lokasi di Indonesia Ini Dapat Jaringan 5G, Salah Satunya Mandalika

Mataram (Inside Lombok) – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyampaikan ada 13 wilayah di Indonesia yang akan mendapatkan jaringan 5G. Ketentuan mengenai hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Strategis Kominfo.

Aturan tersebut menyebutkan bahwa Kominfo mempersiapkan jaringan generasi kelima di tanah air sebagai upaya meningkatkan cakupan layanan 4G di seluruh desa. Pelaksanaan rencana 5G ini harus didukung dengan infrastruktur yang memadai.

Dilansir dari berbagai media, 13 wilayah yang akan mendapatkan jaringan 5G adalah Ibu Kota Negara (IKN), enam Ibu Kota Provinsi di Pulau Jawa (Jakarta, Serang, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta), lima Destinasi Wisata Super Prioritas, Mandalika (NTB), Labuhan Bajo (NTT), Danau Toba (Sumut), Likupang (Sulut), dan Borobodur (Jateng). Serta satu wilayah industri manufaktur.

“Diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama, layanan 5G akan diperluas sesuai dengan pertumbuhan demand di lokasi lain,” tulis Kominfo.

Kominfo menyebut pemilihan lokasi ini karena dianggap layak, baik dari potensi pasar ataupun dukungan infrastruktur. Kominfo pun berharap implementasi pertama 5G bisa terlaksana secepatnya.