150 Vaksinator Dikerahkan Kejar Target 70 Persen Vaksinasi di Loteng

Seorang warga saat disuntik vaksin beberapa waktu lalu. (Inside Lombok/Ida Rosanti)

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Sebanyak 150 tim vaksinator dikerahkan untuk mengejar target vaksinasi 70 persen di Lombok Tengah (Loteng). Hal ini dilakukan agar pelaksanaan kejuaraan dunia Superbike bisa terlaksana di Sirkuit Mandalika pada bulan November mendatang.

“Sebuah daerah baru dinyatakan mencapai hard immunity apabila sudah berhasil mencapai target vaksin 70 persen. Target tersebut juga menjadi syarat Sirkuit MotoGP Mandalika dipakai untuk semua event, baik nasional hingga internasional,”kata Kapolres Lombok Tengah, AKBP Hery Indra Cahyono.

Diakui, penanganan Covid19 di Loteng sudah banyak menguras tenaga dan pikiran guna mewujudkan herd imunity. Namun pencapaiannya hingga saat ini belum sampai 20 persen vaksinasi. Sehingga semua pihak harus mendukung percepatan vaksinasi.

“Sebanyak 150 tim vaksinator yang akan turun langsung ke tengah masyarakat sehingga apa yang diharapkan dapat terwujud sehingga target pada 5 Oktober 2021 angka vaksinasi Kabupaten Lombok Tengah mencapai 70 persen dan mewujudkan herd imunity di daerah ini,” terangnya.

Apabila target vaksinasi 70 persen sudah tercapai, maka event besar seperti kejuraan dunia Superbike dan MotoGP dapat terlaksana dengan lancar sehingga Pariwisata NTB bisa bangkit kembali serta dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Loteng.

“Dari 150 tim vaksinator, rata-rata untuk satu titik mengerahkan sekitar enam sampai dengan tujuh orang yang tersebar di 139 desa dan 12 kecamatan,” ucapnya.

Sementara stok vaksin yang tersedia untuk Loteng saat ini sebanyak 61.000 dosis dan akan dijatahkan untuk 1,3 juta warga.