17 Kepala Desa Terpilih di Lombok Tengah Dilantik

Pelantikan 16 kepala desa terpilih dan satu hasil PAW di Lombok Tengah, Kamis (21/1/2021). (Inside Lombok/Ida Rosanti)

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Sebanyak 16 kepala desa terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Lombok Tengah tanggal 23 Desember 2020 dilantik, Kamis (21/1/2021) di Alun-alun Tastura.

16 kades tersebut dilantik oleh Bupati Lombok Tengah, H. Suhaili FT bersamaan dengan kepala desa hasil Pergantian Antar Waktu (PAW) di desa Durian kecamatan Janapria.

Dalam sambutannya, Suhaili meminta agar kepala desa terpilih fokus untuk pembangunan di desa.

“Kalian sudah resmi jadi kepala desa. Bukan untuk diri sendiri lagi. Tapi untuk masyarakat banyak,”kata Suhaili.

17 kepala desa itu sudah mengucapkan sumpah dan janji untuk mencurahkan segenap tenaga dan pikiran untuk masyarakat di desa yang dipimpin.

“Ingat, kalian harus memposisikan diri sebagai pelayan semua masyarakat tanpa terkecuali dan tanpa pilih kasih juga tanpa pandang bulu,”ujarnya.

Dia juga menyinggung, saat Pilkades digelar terjadi perbedaan pilihan. Atas hal itu, dia meminta agar kepala desa yang baru dilantik tidak menyimpan dendam politik. Namun, merangkul semua masyarakat. Pasalnya, perbedaan pilihan pada saat Pilkades itu menimbulkan gesekan.

“Mulai hari ini harus dihilangkan, dan itu menjadi tanggung jawab saudara sebagai pemimpin semua orang di desa masing-masing,”imbuhnya.

Dia juga mengatakan, para kepala desa harus memiliki kepekaan lingkungan yang tinggi. Harus bisa membaca segenap potensi desa dan memahami secara detail sumber daya manusia di desa yang dipimpin.

“Dengan begitu, kepala desa dapat melakukan pemetaan atas hal-hal yang perlu menjadi prioritas untuk dikerjakan terlebih dahulu,”cetusnya.