Petugas Kebersihan Kota Mataram Mendapat Bantuan dengan Total Rp2 Miliar

Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana secara simbolis menyerahkan bantuan Ramadan kepada petugas kebersihan, marbot masjid, mualaf, dan fakir miskin, Selasa (4/5/2021). (Inside Lombok/Ade).

Mataram (Inside Lombok) – Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram menyerahkan bantuan Ramadan bagi ribuan petugas kebersihan yang berasal dari pasukan kuning Dinas Lingkungan Hidup, pasukan biru Dinas Pekerjaan Umum, dan pasukan hijau Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Bertempat di halaman Kantor Wali Kota Mataram, bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana, Selasa (4/5/2021). Kepala Baznas Kota Mataram H Mahsar Malacca beserta sejumlah pejabat setempat turut hadir dalam acara penyerahan tersebut.

H Mahsar Malacca mengatakan, alokasi anggaran yang disiapkan untuk penyaluran bantuan tersebut mencapai Rp 2 miliar lebih.

“Untuk petugas kebersihan jumlah totalnya ada 1.242 orang dengan masing-masing orang mendapat bantuan sebesar Rp 150 ribu,” jelasnya.

Selain itu, bantuan juga diberikan untuk 102 lembaga dengan rincian 47 madrasah RA, 21 madrasah ibtidaiyah, 22 madrasah tsanawiyah, dan 12 madrasah Aliyah. Masing-masing Lembaga tersebut mendapat bantuan sebesar Rp 2 juta.

Kemudian ada juga bantuan bagi marbot masjid se-Kota Mataram, ormas islam, panti asuhan, mualaf, lansia, dan fakir miskin di 50 kelurahan. Jumlah bantuan yang diberikan berbeda-beda bergantung pada sasarannya.

“Misalnya untuk marbot masing-masing mendapat Rp 500 ribu. Sedangkan bantuan untuk lansia dan fakir miskin kita berikan secara rutin setiap bulan masing-masing Rp 100 ribu melalui kelurahan dengan sasaran 7.300 orang di enam kecamatan,” terangnya.

Sementara Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana dalam kesempatan tersebut mengatakan, santunan lebaran kepada para petugas kebersihan, mualaf, dan marbot diberikan secara rutin setiap tahunnya yang diinisiasi oleh Baznas Kota Mataram.

“Baznas merupakan institusi resmi yang mengelola zakat, infaq dan sedekah (ZIS) dari ASN muslim di Kota Mataram kemudian dikelola dengan baik dan penuh amanah,” katanya dalam sambutannya.

Terkait dengan itu, Wali Kota berharap bantuan yang diberikan bisa bermanfaat banyak untuk membantu pemenuhan kebutuhan penerima selama bulan Ramadhan. Apalagi, kondisi perekonomian di tengah pandemi COVID-19 masih sangat berat.

“Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan saya percaya bapak ibu semuanya bisa melaksanakan tugas dengan baik,” ujar Wali Kota di hadapan sejumlah petugas kebersihan.