Antisipasi Inflasi, Distan Lotim Diminta Siapkan Informasi Hasil Produksi Pertanian

69
Murnan, Ketua DPRD Lotim saat ditemui awak media, Selasa (11/01/2022). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lombok Timur harapakan Dinas Pertanian (Distan) dan Dinas Perdagangan Lotim siapkan informasi terkait produksi dan harga hasil pertanian Lotim. Informasi itu dibutuhkan sebagai rujukan apabila terjadi inflasi harga komoditi pertanian.

Ketua DPRD Lotim, Murnan menyampaikan keberadaan informasi produksi pertanian sangatlah penting. Terutama sebagai rujukan pemerintah untuk menyuplai bahan pokok dari luar daerah ketika terjadi inflasi harga di Lotim.

“Itu bisa jadi informasi kita. Jadi ketika terjadi lonjakan harga, kita bisa datangkan bahan pokok luar daerah untuk mensetabilakan harga di sini,” terang Murnan saat ditemui di Kantor DPRD Lotim, Selasa (11/1).

Informasi harga tidak hanya ketika hasil produksi pertanian di Lotim menurun. Akan tetapi itu juga berguna apabila lahan masyarakat mengalami kebanjiran, sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan pasar. Dengan begitu pemerintah juga bisa mendatangkan hasil produksi pertanian dari daerah-daerah lain.

“Kita juga butuh konektivitas atau kerjasama dengan daerah lain untuk mengatasi inflasi,” jelasnya.

Bazar pasar murah yang kerap kali diadakan Pemda Lotim, kata Murnan, juga merupakan salah satu upaya untuk menekan inflasi. Akan tetapi hal itu bersifat jangka pendek, sehingga dibutuhkan langkah-langkah yang lain juga.

Adapun untuk bisa menekan inflasi bahan pokok, dibutuhkan perencanaan ke depan yang bersifat jangka panjang, sehingga inflasi bahan pokok tidak terus terulang. (den)