Bahas tentang Kesehatan, Wali Kota Terima Kunjungan DPD RI Dapil NTB

Mataram (Inside Lombok) – Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh menerima kunjungan reses anggota Komite III DPD RI NTB Evi Apita Maya di Aula Pendopo Walikota Mataram, Selasa ( 13/10/2020).

Dalam penyampaiannya, Evi Apita Maya mengatakan tujuan kunjungan reses kali ini dengan adalah membahas Undang-Undang Kesehatan, Kebijakan Pemerintah Daerah dalam menangani masyarakat yang terkena dampak Covid-19, kondisi layanan kesehatan masyarakat yang terkena dampak Covid-19, serta menanyakan jumlah data anak yang terpapar Covid-19.

Dalam pertemuan tersebut, Evi berusaha mengakomodir data-data serta permintaan daerah yang akan disampaikan ke pemerintah pusat.

“DPD RI adalah perpanjangan tangan Pemerintah daerah ke pusat, hal-hal yang menghambat di daerah bisa langsung disampaikan melalui DPD untuk disampaikan langsung ke pemangku kebijakan di pusat” ungkapnya.

Terlebih pada situasi pandemi Covid-19 saat ini, setiap daerah memiliki cara penanganan yang berbeda antara satu daerah dengan daerah yang lain.

WhatsApp Image 2020 10 13 at 16.53.25

Sementara itu, Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh menjelaskan sistem penanganan Covid-19 di Kota Mataram, mulai dari upaya pencegahan dan penanganan maksimal oleh tenaga kesehatan.

Ahyar menyampaikan sejak beberapa bulan yang lalu telah menerapkan Penanganan Covid-19 Berbasis Lingkungan (PCBL) yang diterapkan di semua lingkungan. Program tersebut juga didukung oleh program Lomba Kampung Sehat yang diselenggarakan oleh Polda NTB.

Kedua program tersebut mampu menarik perhatian masyarakat, sehingga masyarakat mau berbenah dan menyiapkan diri dengan kondisi pandemi yang melanda Kota Mataram. Antusiasme masyarakat terlihat dari persiapan dalam mengikuti kedua program tersebut.

Dengan konsistensi pemerintah dalam menegakkan dan mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya progam tersebut sebagai upaya penanganan Covid-19 telah mampu menekan angka penyebaran Covid-19 di Kota Mataram.

Hasilnya sampai dengan hari ini, jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Mataram menyisakan 41 pasien dalem perawatan.

Turut hadir dalam penerimaan kunjungan tersebut Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram H. Effendy Eko Saswito, beserta beberapa kepala Organiasi Perangkat Daerah terkait.