Bangkitkan Pelaku IKM yang Terpuruk Oleh Covid-19

Gerakan BISA di Desa Mertak Lombok Tengah, Rabu (30/9/2020). (Inside Lombok/Ida Rosanti)

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Industri Kecil dan Menengah (IKM) Lombok Tengah didorong untuk melakukan peningkatan ekonomi kreatif agar bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

Sejumlah upaya dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Dinas Pariwisata setempat, seperti bimbingan teknis fotografi yang digelar di Kuta Mandalika, Selasa (29/9/2020) kemarin.

Fotografi dinilai sebagai salah satu upaya paling cepat untuk membangkitkan IKM di Lombok Tengah.

“Kegiatan ini kita harapkan membangun kembali sektor ekonomi kreatif yang terpuruk”,kata Koordinator 3 direktorat PSDM Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata, Toar Magaribi, Selasa (30/9/2020) kemarin.

Dengan pengetahuan fotografi, pelaku IKM bisa mendokumentasikan produk-produknya untuk kemudian dipasarkan melalui website atau media sosial. “Itu kan mudah jadinya pemasarannya”,kata Toar.

Diakui bahwa pelaku IKM mengalami kesulitan di dalam memasarkan produknya saat pandemi Covid-19 ini. Sehingga diharapkan melalui pelatihan fotografi bisa memudahkan IKM dan meningkatkan kembali penjualan nya yang sempat terpuruk.

Dia melanjutkan, selain fotografi, peserta juga diarahkan untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru dengan gerakan bersih, indah sehat dan aman (bisa).