Banjir Luapan di Desa Pijot dan Tanjung Luar Berhasil Ditangani

19
Proses penjebolan gorong-gorong untuk memperlancar saluran banjir, Rabu (23/11/2022). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Banjir luapan yang melanda dua desa di Kecamatan Keruak yakni Desa Pijot dan Desa Tanjung Luar berhasil ditangani Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) TNI-Polri, Camat dan juga masyarakat setempat.

Kepala Pelaksana BPBD Lotim, Lalu Muliyadi mengatakan bahwa banjir luapan yang menggenangi puluhan rumah warga di dua dusun berhasil ditangani dengan menjebol gorong-gorong yang mengalami penyumbatan agar air dapat mengalir dengan lancar.

“Kita membongkar gorong-gorong yang tersumbat dan juga membersihkan sampah di sepanjang saluran air,” ucapnya kepada Inside Lombok, Rabu (23/11).

Pihak terkait juga mengerahkan beberapa unit alat berat untuk membongkar dan memperbesar saluran agar air dapat mengalir lebih lancar. Hal itu dilakukan untuk memperbaiki saluran yang sudah ada serta mengeruk sedimentasi.

“Kita kerahkan alat berat untuk memperbaiki saluran,” tuturnya.

Adapun pihak BPBD Lotim akan berkoordinasi dengan instansi teknis terkait seperti PUPR Lotim dan Provinsi NTB untuk membenahi gorong-gorong atau plat deker yang dimensi bangunannya sesuai dengan debit genangan saat ini.

“Dengan begitu sebesar apapun air yang lewat tidak akan menyebabkan genangan lagi, di samping sedimentasi dan sampah juga harus diangkat,” pungkasnya. (den)