Bertemu Penasihat Paus, Gubernur Bicarakan Kerjasama Dengan Argentina

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah berfoto bersama Penasihat Kepausan Vatikan untuk Paus Fransiskus, Father Ariel Torrado (Inside Lombok/Humas NTB)

Mataram (Inside Lombok) – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah (Bang Zul) menerima kunjungan dua orang Penasihat Kepausan Vatikan untuk Paus Fransiskus, yaitu Father Ariel Torrado dari Argentina dan Father Marcin dari Torun (Polandia), Minggu (12/05/2019). Pertemuan tersebut dimanfaatkan Bang Zul untuk membahas kemungkinan kerjasama, khususnya Argentina.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Pendopo Gubernur NTB itu Bang Zul menegaskan bahwa salah satu tugasnya sebagai Gubernur NTB adalah memastikan terjalinnya kerjasama dengan investor, tidak terkecuali Argentina. Hal itu akan didukung juga oleh seluruh jajaran Pemerintahan Provinsi (Pemprov) NTB.

Menurut Bang Zul kerjasama antar-negara di dunia tidak hanya terkait masalah pendidikan saja, seperti yang sudah dijalin NTB dengan Malaysia, Polandia, Tiongkok, dan lain-lain. Namun kerjasama tersebut juga termasuk di bidang pariwisata, pertanian, industry, olahraga, serta bidang lain yang menjadi fokus program Pemprov NTB saat ini.

“Penasehat di Vatikan ini datang untuk menjamin kolaborasi dengan kita. Ini menunjukkan bahwa menjalin persahabatan dan komunikasi itu tidak hanya pendidikan saja, tapi juga bidang-bidang lainnya,” ujar Bang Zul.

Bang Zul sendiri menyebutkan ada banyak kemungkinan kerjasama yang bisa dijanlin dengan Argentina. Untuk itu, dalam waktu dekat kemungkinan kerjasama tersebut akan dikongkritkan satu per satu dengan acuan kerjasama sesuai potensi yang dimiliki masing-masing pihak.

“Banyak kemungkinan yang bisa kita Kerjasamakan. Kita akan coba konkritkan satu-satu,” tegas Bang Zul.

Menanggapi hal tersebut, Ariel Torrado menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik keinginan Pemprov NTB untuk membangun kerjasama dengan pemerintah Argentina. Untuk itu, Ariel meminta Pemprov NTB agar menyusun tawaran kerjasama yang dimaksudkan.

Selain itu, Ariel juga menyampaikan bahwa selama ini Argentina merupakan salah satu negara yang terkenal dengan kemampuan sepak-bola. Sehingga, menurut Ariel, kerjasama di bidang olahraga khususnya sepak-bola bisa menjadi salah satu kemungkinan kerjasama yang dijalin.

Bentuk kerjasama itu sendiri disebut Ariel bisa berupa pengiriman anak-anak NTB yang berminat mendalami dan berlatih sepak-bola di Argentina. Mengingat di Argentina ada banyak akademi sepak-bola yang telah berdiri dan memiliki reputasi kelas dunia.