BKPSDM: Hasil Tes CPNS Segera Dikirim ke BKN

Mataram (Inside Lombok) – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, segera mengirim data hasil tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi 2019 ke Badan Kepegawaian Negara (BKN), sebagai acuan pengumuman kelulusan.

“Paling lambat pertengahan Oktober 2020, semua data hasil kegiatan tes CPNS sudah terkirim ke BKN untuk proses tahap selanjutnya sebelum pengumuman kelulusan,” kata Kepala BKPSDM Kota Mataram Baiq Nelly Kusumawati di Mataram, Rabu.

Dikatakan, data hasil tes CPNS belum dapat dikirim bulan September 2020, karena hari ini masih ada 2 orang peserta tes CPNS melakukan tes seleksi kompetensi bidang (SKB) di daerah masing-masing dan satu orang peserta melakukan tes di UPT sebab saat kegiatan tes pekan lalu peserta bersangkutan masih isolasi karena positif terjangkit COVID-19.

“Untuk itulah, hari ini kami masih menunggu hasil tes SKB ke 3 peserta tersebut,” katanya.

Setelah semua terkumpul, lanjut Nelly, pihaknya akan mengintegrasikan dan mengakumulasi seluruh nilai peserta yang mengikuti tes untuk dikirim ke BKN.

Setelah itu, biasanya semua daerah akan dijadwalkan untuk melakukan klarifikasi, namun karena saat ini sedang pandemi COVID-19, pihaknya belum mengetahui seperti apa sistem klarifikasi terhadap nilai peserta tes CPNS tersebut.

“Apakah virtual atau tetap kita dijadawalkan untuk pemanggilan bertahap klarifikasi,” katanya.

Setelah tahapan klarifikasi, lanjutnya, barulah dilanjutkan untuk tahapan pengumuman dan lainnya.

“Jadi tidak serta merta begitu data akumulasi nilai sudah terkirim, langsung keluar SK pengumuman kelulusan,” ujarnya.

Jumlah peserta tes SKB di Mataram sebanyak 619 orang, tapi 19 orang berasal dari luar kota sehingga mengikuti tes di masing-masing UPTD.

Mereka akan merebut 275 formasi yang ada. Meliputi formasi guru tercatat sebanyak 177, tenaga kesehatan 76 dan tenaga teknis 22. (Ant)