Bobol SMPN 4 Lembar, Pemuda Asal Loteng Dibekuk Polisi

236
Pelaku pembobolan SMPN 4 Lembar yang berhasil dibekuk Sat Reskrim Polres Lobar. (Inside Lombok/Humas Polres Lobar)

Lombok Barat (Inside Lombok) – Seorang pria inisial ZE (21) diamankan Tim Puma Sat Reskrim Polres Lobar. Pemuda asal asal Desa Montong Sapah, Kecamatan Praya Barat Daya, Lombok Tengah itu diduga menjadi pelaku pembobolan di SMPN 4 Lembar pada Senin (13/06) lalu.

Kasat Reskrim Polres Lobar, Iptu I Made Dharma Yulia Putra menyebut ZE (21) melancarkan aksinya membobol sekolah negeri tersebut sekitar pukul 02.00 Wita. Setelah dilakukan penyelidikan oleh pihak kepolisian, terduga pelaku akhirnya berhasil diamankan di rumahnya di Desa Montong Sapah.

Peristiwa pencurian dengan pemberatan ini terungkap setelah pelapor tiba di sekolah, kemudian diberitahukan oleh salah satu guru di sana bahwa pintu dapur sekolah telah dibobol seseorang.

“Mengetahui hal tersebut, bersama dengan guru-guru yang lain masuk untuk mengecek ke dalam sekolah dan ternyata selain pintu dapur pelaku juga menjebol plafon,” tutur Dharma dalam keterangan tertulis yang diterima Inside Lombok, Kamis (30/06/2022).

Kemudian pelapor pun memeriksa ruangan Tata Usaha (TU) dan mendapati sejumlah barang seperti, satu unit proyektor, kamera, serta empat unit laptop juga hilang. Kerugian yang dialami pihak sekolah karena aksi ZE diperkirakan mencapai Rp40 juta.

“Untuk ZE berhasil kita amankan di rumahnya. Setelah melakukan penggeledahan, tim juga berhasil mendapatkan barang bukti lainnya,” beber Dharma. Barang bukti yang diamankan antara lain satu unit proyektor yang disembunyikan di dalam kamar terduga perlaku.

“Sedangkan untuk barang bukti lainnya masih kita lakukan penelusuran, untuk pelaku juga masih kita dalami. Karena kami menduga masih ada pelaku lainnya, dalam aksi pencurian dengan pemberatan di TKP,” pungkasnya. Atas aksinya, ZE terancam disangkakan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. (yud)