27.5 C
Mataram
Kamis, 30 Mei 2024
BerandaBerita UtamaBPS Berlakukan Sensus Penduduk Secara Online Tahun 2020

BPS Berlakukan Sensus Penduduk Secara Online Tahun 2020

Mataram (Inside Lombok) – Badan Pusat Statistik Nasional (BPS) Provinsi NTB melakukan peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) pada Kamis (26/09/2019). HSN ini juga diikuti oleh pegawai dan staf BPS kabupaten/kota se-NTB. Dalam kegiatan ini juga disampaikan bahwa sensus penduduk akan dilakukan secara online.

Dalam sambutannya, Kepala BPS Provinsi NTB, Suntono, berharap agar seluruh masyarakat bisa memaknai Hari Statistik bukan hanya milik pegawai BPS saja, tapi milik seluruh masyarakat.

“Statistik itu kan bukan hanya kegiatan yg dilakukan oleh karyawan BPS utk menghasilkan data, namun banyak juga hal-hal simple yg dilakukan oleh masyarakat, termasuk kegiatan Statistik,” kata Suntono.

Tema peringatan Hari Statistik tahun ini adalah Menuju Indonesia Maju Dengan SDM dan Data berkualitas. Tema ini dipilih karena sejalan dgn program prioritas pemerintah lima tahun ke depan yaitu pembangunan SDM, dengan menitikberatkan antara lain pada bidang pendidikan dan kesehatan.

- Advertisement -

Selain upacara pagi, peringatan HSN 2019 juga dirangkaikan dengan kick-off Sensus Penduduk 2020 yang akan diselenggarakan mulai bulan Februari – Mei.

Menurut Suntono, SP2020 akan dibagi dalam 2 tahap, yaitu Sensus online ada Februari-April dan pendataan door to door pada Mei 2020.

“Ada sensus online, masyarakat kami harapkan mengisi atau memperbaiki sendiri data kependudukannya masing-masing. Sehingga pada kegiatan pendataan bulan Mei tahun depan, petugas Sensus hanya akan mendatangi warga yang belum melakukan sensus online tersebut,” pungkas Suntono.

- Advertisement -

Berita Populer