Bupati Akan Segera Bangun Jembatan yang Terputus Akibat Banjir di Pringgabaya

104
Jembatan penghubung dua desa yang ambruk akibat air bah, di Pohgading, Kamis (31/12/2020). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Hujan deras yang melanda sebagian wilayah di Lotim pada Rabu (30/12) kemarin, menyebabkan adanya air bah yang mengakibatkan jembatan penghubung antar-desa di wilayah Kecamatan Pringgabaya terputus.

Mendapati informasi tersebut, Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy langsung turun meninjau lokasi kejadian. Bupati mengatakan akan segera membangun kembali jembatan penghubung Dusun Dadalpak, Desa Pohgading dengan Dusun Dasan Gres, Desa Batuyang Kecamatan Pohgading Lotim.

“Karena posisi jembatan ini vital, pemda akan segera membangun jembatan kembali dari dana tidak terduga tahun 2021,” ujarnya saat ditemui Inside Lombok di Lokasi kejadian, Kamis (31/12) pagi.

Bupati berharap pihak BPBD Lotim segera menyelesaikan assesment yang dilakukan, agar nantinya pemda bisa mengetahui jumlah anggaran yang akan dialokasikan untuk membangun kembali jembatan yang terputus tersebut.

“Kita minta minggu ini sudah selesai assesment dan segera menyelesaikan laporan,”katanya.

Untuk menghindari adanya korban di jembatan yang terputus tersebut, pihak dari TNI, Polri, dan masyarakat langsung melakukan penutupan akses jalan menuju jembatan tersebut dengan menggunakan alat seadanya berupa bambu.

Terputusnya akses penghubung dua desa tersebut, akses menuju dua desa tersebut dialihkan menuju jalan utama provinsi dengan alasan keamanan. Pihak BPBD juga saat ini tengah melakukan assesment guna mengetahui total kerugian.