26.5 C
Mataram
Minggu, 26 Mei 2024
BerandaBerita UtamaBupati Lotim Akan Buka Aliran Air Tete Batu ke Wilayah Selatan

Bupati Lotim Akan Buka Aliran Air Tete Batu ke Wilayah Selatan

Lombok Timur (Inside Lombok) – Pemkab berupaya mewujudkan visi dan misi dari pasangan Sukma (Sukiman-Rumaksi) untuk menciptakan air mengalir sepanjang tahun, khusunya ke wilayah bagian selatan Lotim. Bupati Lotim kini membuka dua aliran sumber mata air yaitu dengan membuka kembali aliran air bersih di Wilayah Tete Batu.

Hal tersebut disampaikan Bupati Lotim HM Sukiman Azmy saat menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) terkait. Bupati mengatakan pemda akan terus berupaya memaksimalkan fungsi air yabg ada di Lotim dengan memanfaatkan mata air yang agar bisa mengalir sepanjang tahun.

“Sesuai dengan visi dan misi yaitu air mengalir sepanjang tahun, khususnya wilayah yang sangat membutuhkan air bersih, yaitu ke wilayah bagian selatan,” ucapnya saat rapat koordinasi dengan sejumlah pimpinan OPD di Lesehan Koptofa Tete Batu, Selasa (29/12).

Dikatakan Bupati, dalam mewujudkan visi dan misi tersebut pemda kembali membuka aliran air dari kawasan Tete Batu yang telah dibuat pada tahun 2011-2013 lalu. Aliran air yang bersumber dari Tete Batu tersebut dapat mengalir dengan debit 80-100 liter per detik.

- Advertisement -

“Dibukanya kembali aliran air dari Tete Batu ini untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat selatan, karena aliran ini langsung mengalir ke wilayah selatan,” katanya.

Tak hanya itu, Bupati Lotim juga mencanangkan akan menambah debit air ke wilayah selatan dengan menambah debit air dari wilayah Koptofa Tete Batu dengan debit 60 liter per detik. Dengan begitu nantinya kebutuhan air masyarakat selatan dan visi misi bisa diwujudkan di massa pemerintahannya Sukma yang telah memasuki tahun ketiga.

Bupati berharap agar sejumlah infrastruktur yang ada di kawasan Tete Batu dapat dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan irigasi masyarakat.

- Advertisement -

Berita Populer