Bupati Lotim Harapkan Rumah Sakit Naik Tipe

Bupati Lotim, M Sukiman Azmy saat ditemui di sela-sela kegiatannya, Senin (31/08/2020). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) terus menggenjot Rumah Sakit (RS) yang ada di Lotim untuk segera naik tipe. Seperti halnya RS Lotim diharapkan segera menjadi RS Tipe C.

Bupati Lombok Timur, M Sukiman Azmy mengatakan, kenaikan tipe yang diterima RSUD Raden Soedjono Selong menjadi RS Tipe B membuat Bupati Lotim berharap kepada RS Tipe D di Lotim segera menjadi Tipe C.

“RS Lotim sekarang belum resmi menjadi RS Tipe C. Pada akhir tahun 2020 kita akan berusaha agar RS Lotim bisa menjadi Tipe C secara resmi,” ucapnya.

Lanjutnya, beberapa RS yang belum mempunyai tipe akan digenjot agar bisa mempunya tipe, minimal Tipe D. Bupati akan melihat sejauh mana kesiapan pemda dalam mempersiapkan peralatan untuk menunjang RS tersebut.

“Kalau memang bisa kita lengkapi peralatannya, pada tahun 2021 kita akan jadikan beberapa RS menjadi Tipe D,” katanya.

Menunjang peralatan RS Lotim yang akan disiapkan menjadi RS Tipe C. Pada APBD perubahan pemda menyiapkan anggaran sekitar Rp20 miliar untuk melengkapi peralatan, agar pada akhir 2020 RS Lotim sudah resmi memegang RS Tipe C.

“Tidak hanya peralatan, yang lebih penting adalah tenaga SDM,” ucapnya.

Bupati berharap nantinya ada kerjasama dengan RSUD R Soedjono Selong terkait dengan dokter spesialis yang akan bertugas di RS Lotim. Sehingga, Tipe C nantinya bisa didapatkan.

“Pada jam tertentu dokter spesialis di RSUD R Soedjono bisa bertugas di RS Lotim,” tutupnya.