CPMI di Loteng Berbondong-Bondong Adu Nasib ke Malaysia

71
CPMI ramai saat mengikuti tes wawancara di Disnakertrans Loteng, Rabu (6/7/2022) (Inside Lombok/Fahri)

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lombok Tengah terlihat padat pengunjung. Khususnya mereka yang mendaftarkan diri menjadi calon pekerja migran Indonesia (CPMI).

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Loteng, Samsul Rijal mengatakan animo dan antusiasme masyarakat untuk bekerja di luar negeri saat ini kembali meningkat. Terlebih mereka yang sebelumnya mengalami pemulangan besar-besar akibat pandemi Covid-19, banyak yang merencanakan kembali mengadu nasib di perantauan.

“Semenjak empat minggu kita merekomendasi dan selesai berkasnya itu rata-rata sekitar 120 per hari, hampir minggu keempat sekarang (pelayanan CPMI meningkat),” katanya saat ditemui di kantornya, Rabu (6/7/2022).

Para CPMI yang mengurus persyaratannya di Disnakertrans Loteng adalah mereka yang merencanakan berangkat ke berbagai negara seperti Malaysia, Hongkong, dan Arab Saudi. “Sebagian besar dan didominasi tujuan ke Malaysia. Kalau Saudi tidak banyak,” terangnya.

Para CPMI yang mendaftarkan diri dan akan melakukan seleksi dan wawancara diprediksi akan bertambah. Sejauh ini ada sekitar 800-an orang yang terdaftar. “Tapi memang masih ada berkas yang masih diproses di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, bahkan akan sampai seribuan ini,” ungkapnya.

Terkait CPMI yang menuju ke Malaysia rata-rata penempatannya di perkebunan kelapa sawit. “Rata-rata Penempatan CPMI ini di perkebunan kelapa sawit,” tutupnya. (fhr)