D3 Perpustakaan UMMat Gagas Literasi Digital Berbasis Inklusi Sosial

Mataram (Inside Lombok) – Program Studi D3 Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMat) menggagas literasi digital perpustakaan berbasis inklusi sosial. Program ini diadakan saat kegiatan pengabdian di Desa Manggala, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, 14 Maret lalu.

Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Iskandar mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberi edukasi kepada masyarakat. Terkait cara menggunakan media digital sebagai sarana temu kembali informasi.

Selama ini banyak masyarakat, terutama anak sekolah di tingkat SD/SMP, yang sudah terbiasa menggunakan gadget sebagai media permainan. Yang harusnya bisa juga  digunakan untuk pembelajaran.

Kondisi tersebut tak lepas dari pengawasan orang tua. Yang minim dilakukan ketika anak-anak memegang handphone mereka. ”Itu dasar pengabdian yang kita lakukan,” kata Iskandar.

Dalam pengabdian ini dihadiri 20 anak yang masih bersekolah di tingkat SD maupun SMP. Serta masing-masing orang tua mereka, sebanyak 10 orang. Pelibatan orang tua sangat penting. Mereka merupakan penanggungjawab penuh terhadap tumbuh kembang anak.

Fasilitator dalam pengabdian merupakan dosen D3 Perpustakaan UMMat. Yang dibantu alumni serta mahasiswa. Membuat proses penyampaian materi bisa diterima dengan baik oleh para peserta.

Anak-anak sangat antusias mendengar penjelasan fasilitator. Orang tua juga berharap kegiatan ini bisa terus dilaksanakan. Tidak hanya satu kali. Sehingga anak-anak bisa memahami bagaimana memanfaatkan media digital sebagai sarana pembelajaran.

Salah satu orang tua, Nurmala mengatakan, pengabdian dari D3 Perpustakaan memberi dampak positif. Terutama dalam hal memberi pencerahan kepada para orang tua. ”Semoga kampus UMMat bisa terus mengadakan kegiatan yang sama,” harap Nurmala.

Iskandar menyambut baik harapan dari peserta. Ia nantinya akan menyampaikan kepada pimpinan. Agar menjadikan Desa Manggala sebagai wilayah binaan dari program studi D3 Perpustakaan. Yang nantinya melibatkan mahasiswa sebagai pengelolanya.