Dampak WSBK, Persentase Bongkar Muat di Lembar Meningkat 15 Persen

Kendaraan Logistik WSBK yang tiba di pelabuhan Lembar. Senin (18/10/2021). (Inside Lombok/Yudina Nujumul Qur’ani).

Lombok Barat (Inside Lombok) -Bongkaran logistik di Pelabuhan Lembar tercatat meningkat hingga 15 persen. Peningkatan salah satunya terjadi karena aktivitas pengiriman logistik untuk kebutuhan World Superbike (WSBK) yang akan digelar November mendatang.

Dalam empat hari terakhir, 44 trailer truk perlengkapan untuk perhelatan balap motor internasional tersebut telah sampai melalui Pelabuhan Gili Mas dan Pelabuhan ASDP Lembar.

“Setiap bongkaran logistik kami dari kepolisian melaksanakan pengamanan ketat. Untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan, sebelum kendaraan dikawal bergeser ke Mandalika,” ujar Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar, Iptu Irvan Surahman saat ditemui usai mengawal pemeriksaan, Senin (18/10/2021).

Distribusi logistik WSBK yang masuk melalui Lembar, baik Gili Mas maupun Pelabuhan Penumpang ASDP telah berjalan sejak 14 Oktober lalu. “Berat logistik ini rata-rata satu trailer (truk) sekitar 12 ton,” ungkap Irvan.

Trailer sendiri merupakan jenis kendaraan pengangkut logistik dengan panjang sekitar 40 kaki. Di mana kapasitas muatanya melebihi truk kontainer

Untuk jadwal distribusi logistik sendiri, pihaknya mengaku belum mengetahui pasti. “Pengamanan ini sebagai bentuk antisipasi dan pelayanan dari kepolisian. Agar muatan logistik ini dapat sampai tujuan dengan aman,” jelasnya.

Sementara itu, koordinasi satuan pelayanan pelabuhan Lembar, BPTD XII Bali-NTB, Koda Pahlianus Nelson Dallo menjelaskan dari total lima kapal yang beroperasi, setiap harinya ada dua trip yang mengangkut logistik WSBK dengan rute Ketapang – Lembar.

“Kalau persentase penumpang tidak ada peningkatan, masih normal. Kalau angkutan logistik lumayan ada peningkatan, kurang lebih 15 persen,” ungkap Nelson.

Kendati belum terlihat peningkatan signifikan pada angkutan logistik akibat dropping peralatan pendukung WSBK ini, ia mengakui setiap harinya ada kendaraan logistik dari Ketapang yang memang mengangkut logistik untuk WSBK. “Kalau logistik yang dibawa dari Ketapang memang ada sih beberapa kendaraan. Setiap kapal yang bongkaran itu ada logistik untuk mendukung WSBK ini,” pungkasnya.