Dapat Anggaran Rp10 Miliar, Tiga Ruas Jalan di Mataram Dikerjakan Tahun Ini

204
Kepala Dinas PUPR Kota Mataram, Miftahurrahman. (Inside Lombok/dok)

Mataram (Inside Lombok) – Tahun ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp10 miliar untuk perbaikan jalan. Anggaran tersebut akan digunakan untuk memperbaiki tiga ruas jalan di Kota Mataram yang saat ini sudah rusak.

“2022 ada tiga paket kegiatan DAK jalan. Jalan Baiturrahman sekitar Rp5,3 miliar, Jalan Udayana di Dasan Sari (bagian) utara Sungai Jangkok Rp4,1 miliar. Selatan kali Jangkok anggarannya Rp600 juta. Ini sedikit karena perbaikan,” ujar Kepala Dinas PUPR Kota Mataram, Miftahurrahman.

Ia menerangkan, alokasi anggaran yang berbeda-beda karena tergantung dari panjang jalan serta jenis penanganan yang dilakukan. Di mana, pengerjaan yang akan dilakukan antara lain pemeliharaan jalan yang rusak serta peningkatan kualitas yang ada.

“Ada pemeliharaan dan peningkatan kualitas jalan tahun ini,” ujarnya.

Untuk proses pengerjaan tiga paket jalan tersebut, sambung Miftah, masih dalam proses persiapan tender. Karena masih di awal tahun, beberapa persiapan pengerjaan mulai dilakukan. Sementara terkait panjang jalan yang akan diperbaiki tahun ini, dia mengaku belum mengetahui secara pasti.

“Kalau panjangnya ya saya belum tahu. Pengerjaannya belum mulai, karena sekarang ini masih persiapan tender. Sebelah utara itu sudah ada perbaikan untuk tanggulnya. Jadi sekarang tinggal jalan,” ungkapnya.

Mifta menyebutkan, tahun ini jumlah DAK yang dialokasikan untuk perbaikan jalan lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun lalu. Di mana pada 2021 jumlah DAK yang diberikan hanya Rp8 miliar.

“Kita tahun ini naik. Kan tahun lalu kita Rp8 miliar dan sekarang Rp10 miliar. Alhamdulillah,” tandasnya. (azm)