Dianggarkan Rp12 Miliar, Bupati Loteng Realisasikan Motor untuk Kadus

126
Bupati Lombok Tengah H. Lalu Pathul Bahri, Selasa (11/1/2022). (Inside Lombok/Ida Rosanti)

 

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Bupati Kabupaten Lombok Tengah, H. Lalu Pathul Bahri memastikan janji kampanyenya pada pemilu lalu akan terealisasi di 2022 ini. Salah satunya pengadaan sepeda motor untuk Kepala Dusun (Kadus).

Akan tetapi, dia menekankan bahwa sepeda motor tersebut tidak hanya untuk Kadus yang bersangkutan. Namun bisa dimanfaatkan juga oleh masyarakat yang ada di masing-masing wilayahnya.

“Jadi sepeda motor itu difungsikan untuk masyarakat di wilayah itu. Bukan milik Kadus,” kata Bupati di Praya.

Total anggaran untuk pengadaan sepeda motor bagi Kadus tersebut mencapai Rp12 miliar yang dianggarkan melalui alokasi bantuan keuangan, bagi hasil pajak dan retribusi daerah kepada pemerintah desa di tahun ini.

Akan tetapi, untuk sementara ini tidak semua Kadus yang ada di desa bisa mendapatkan sepeda motor. Melainkan hanya 30 persen dari total Kadus yang ada.

“Kondisi 30 persen dari total Kadus yang ada di desa,” jelasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lombok Tengah, Zaenal Mustakim mengatakan pengadaan kendaraan operasional Kadus akan direalisasikan setelah Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) ditetapkan.

Di mana, anggaran pengadaannya akan ditransfer atau dicairkan ke masing-masing desa apabila tahapan penetapan APBDes sudah rampung atau disahkan. Adapun Peraturan Bupati (Perbup) Lombok Tengah sudah rampung mengatur tentang pengadaan kendaraan dinas untuk Kadus ini sudah selesai.

“Harga sekitar Rp20-an juta. Tipenya bisa manual dan bisa matic,” katanya. (irs)