Diawali Bupati, Vaksin Covid-19 Perdana di Loteng Dimulai Rabu Ini

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Vaksin Covid-19 di Lombok Tengah rencananya akan mulai disuntikkan pada Rabu (3/2/2021) ini. Bupati Loteng H Suhaili FT akan menjadi yang pertama mendapatkan vaksin sinovac ini. Disusul jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

PLT Kapala Dinas Kesehatan (Dikes) Lombok Tengah, dr Muzakir Langkir, Senin (1/2/2021) menerangkan, vaksinasi Covid-19 ini akan diawali dengan pencanangan vaksinasi di Pendopo Bupati Lombok Tengah.

“Rabu ini perdana (vaksin) pencanangan dulu di Pendopo, Pak Bupati dengan Forkopimda setelah itu dilakukan di masing-masing puskemas,”jelasnya.

Setelah itu, vaksinasi akan menyasar tenaga kesehatan (nakes) yang ada di semua puskesmas beserta rumah sakit yang ditunjuk sebagai pelaksana vaksinasi. Ditargetkan semua nakes sudah divaksin dalam jangka waktu dua minggu.

“Semua nakes di puskesmas, rumah sakit termasuk yang swasta yang ditunjuk sebagai pelaksana rencananya selesai semua divaksin dalam waktu dua minggu,”katanya.

Total ada 2.849 nakes yang akan divaksin pada tahap pertama ini. Sementara dosis vaksin yang diterima Lombok Tengah sebanyak 5.880 dosis

Saat ini, vaksin Covid-19 sedang didistribusikan ke semua puskesmas dan rumah sakit. Pendistribusian rencananya akan dilakukan selama tiga hari, mulai Minggu (31/2) hingga Selasa (2/2) ini.

“Untuk vaksinasi tahap ke dua akan dilakukan setelah vaksinasi tahap pertama selesai,”lanjut Muzakir.

Adapun vaksinasi masyarakat luas, rencananya akan dilakukan setelah nakes, PNS, TNI, Polri dan guru sudah selesai.

“Itu nanti guru, TNI/Polri, PNS vaksinnya di bulan April. Kalau sudah selesai semua baru masyarakat,”imbuhnya.