Dijamin Aman, Ribuan Personel Polri Siap Jaga WSBK

ilustrasi wsbk

Lombok Tengah (Inside Lombok) -Ribuan personel Polri bakal dikerahkan untuk mengamankan event kejuaraan World Superbike (WSBK) yang akan digelar di Sirkuit Mandalika 19-21 November mendatang. Wakapolres Lombok Tengah, Kompol I Ketut Tamiana akhir pekan ini di Praya mengatakan, sekitar 2000 personel nantinya ditempatkan di jalur-jalur yang akan dilewati oleh penonton WSBK di pulau Lombok.

“Ini di seluruh pulau Lombok. Karena yang akan diamankan nanti mulai dari Pelabuhan Kayangan, Bangsal, Lembar, Bandara Kuta dan lainnya,” ujar Ketut. Diterangkan, penonton WSBK yang diprediksi berjumlah sekitar 25 ribu orang akan diangkut oleh bus yang telah disiapkan di setiap pintu masuk pulau Lombok.

Pengamanan dibagi menjadi tiga bagian; untuk bagian pertama adalah di lokasi WSBK atau Sirkuit Mandalika. Di mana penanggungjawab adalah PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Mandalika Grandprix Association (MGPA) dan security yakni di tribun penonton kelas VVIP, VIP dan kelas 1,2 dan 3

“Begitu pula dengan bagian dua,” ujarnya. Sedangkan untuk bagian tiga yakni di Pulau Lombok, pihaknya akan melakukan operasi keamanan Mandalika Rinjani yang dibantu oleh Polres se-NTB.

Jenis pengamanan yang diterapkan yakni pengamanan terbuka dan tertutup. Baik pengamanan jalur dan lokasi, yakni parkir sejumlah tiga lokasi. Antara lain di bagian timur tanjungan, di Triputri dan bagian utara untuk tamu VIP.

“Sudah beberapa hari yang lalu kami lakukan pengamanan kedatangan sarpras WSBK di Lombok Barat,” jelas Ketut. Dalam pengamanan ini, POLRI juga akan didukung oleh TNI. Bahkan TNI akan menyiapkan tim snaper untuk mengantisipasi hal-hal yang bisa mengganggu jalannya event WSBK.