Dikabarkan Tak Pulang Melaut, Nelayan Asal Keruak Ditemukan Selamat dalam Kondisi Perahu Terbalik

547
Korban saat berhasil dievakuasi oleh Tim SAR, Kamis (04/08/2022). (Inside Lombok/SAR Mataram)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Ahmad Yani seorang nelayan berusia 35 tahun asal Desa Tanjung Luar, Kecamatan Keruak, Lotim, pada Rabu (03/08) sekitar pukul 23.30 Wita dikabarkan tak kunjung pulang dari tengah lautan ketika pergi melaut.

Yani sebelumnya diketahui berangkat melaut menggunakan perahu pada Selasa (02/08) sekitar pukul 02.00 Wita dari Pelabuhan Tanjung Luar, Kecamatan Keruak. Namun sekitar pukul 14.00 Wita pada Rabu (03/08) Yani terakhir sempat dilihat oleh nelayan lainnya di sekitaran perairan Tanjung Ringgit.

“Seharusnya Yani pulang pada sore hari menurut keterangan pihak keluarga, tap sampai dengan pukul 23.30 belum juga balik dari lautan,” kata Kepala Kantor SAR Mataram Nanang Sigit PH, melalui Press Rilis tertulis, Kamis (04/08).

Menerima laporan tersebut, Kantor SAR Mataram menerjunkan personil Pos SAR Kayangan dengan menggunakan RIB 04 untuk melakukan pencarian bersama anggota TNI, Polri, potensi SAR dari Unit Siaga SAR Lombok Timur, masyarakat/nelayan setempat, dan lainnya.

“Alhamdulillah korban berhasil kita temukan pagi tadi dalam keadaan selamat dengan sampannya dalam posisi terbalik,” katanya.

Yani berhasil ditemukan di perairan Tanjung Cina Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru Lombok Timur, kemudian Tim SAR Gabungan melakukan evakuasi dan tiba di pelabuhan TPI Tanjung Luar sekitar jam sepuluh pagi.

“Tadi pagi sudah berhasil kita evakuasi,” pungkasnya. (den)