Dinas Perindustrian NTB Dorong Generasi Milenial Ciptakan Inovasi Baru

Kepala Dinas Perindustrian NTB Hj Nuryanti saat ditemui di kantornya, Jumat (30/4/2021). (Inside Lombok/Ade).

Mataram (Inside Lombok) – Dinas Perindustrian (Disperin) Provinsi NTB medorong generasi milenial khususnya talenta-talenta muda daerah untuk menciptakan inovasi-inovasi baru untuk mendorong pertumbuhan industri kecil dan menengah (IKM) di NTB.

“Bagi teman-teman yang punya inovasi, desain, atau gagasan silakan datang ke Disperin. Kita siap mendengarkan ide-ide kalian dan kita membantu agar hal itu dapat terwujud,” kata Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB Hj Nuryanti, Jumat, (30/4/2021).

Menurutnya, NTB memiliki potensi sumber daya manusia yang luar biasa jika diberi ruang untuk berkreativitas dan mengembangkan gagasan-gagasan yang mereka miliki. Namun, seringkali ide atau gagasan tersebut terhalang oleh situasi dan kondisi yang kurang mendukung.

“Pengembangan inovasi memang butuh waktu yang tidak sedikit dan harus dilatih secara terus menerus. Tapi mindset kita saat ini cenderung merespon secara negatif jika proyeknya tidak berjalan sesuai rencana. Akhirnya idenya malah tidak diteruskan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Disperin mengaku masih perlu membenahi beberapa sektor untuk mengembangkan ekosistem ini. Dibutuhkan kerja sama antara pemerintah, masyarakat, dan para pelaku IKM agar ekosistem dapat berkembang.

“Karena kita harapkan kedepannya ekosistem ini dapat menjadi embrio IKM baru yang secara tidak langsung akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja,” imbuhnya.

Menurut data terbaru yang dihimpun Disperin, saat ini jumlah IKM yang tersebar di seluruh NTB mencapai 19 ribu IKM. Namun, dari jumlah tersebut hanya 50 IKM yang merupakan IKM permesinan.

“Di Sumbawa masih sangat minim. IKM-IKM ini dominan berlokasi di Kota Mataram. Di Lombok Tengah juga sudah lumayan,” terangnya.