Disos Loteng Akan Tangani Pria Bertubuh Pendek Usia 21 Tahun

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Dinas Sosial Kabupaten Lombok Tengah akan melakukan penanganan terhadap Muzakir (21), warga dusun Pedende Desa Sintung Kecamatan Pringgarata yang memiliki tubuh kurang normal bila dibandingkan dengan pria lain yang seusia dengannya.

“Kalau Dinsos kabupaten, kami akan menjangkaunya, belum menanganinya”,kata
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lombok Tengah, Baiq Sri Hastuti Handayani, Selasa (18/8/2020).

Dikatakan, pihaknya akan segera turun untuk melihat kondisi pria yang memiliki tinggi badan 65 centimeter tersebut. Setelah turun, baru akan diputuskan penanganan yang paling tepat yang akan dilakukan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, H. Omdah dalam kesempatan berbeda mengatakan, pihaknya belum mengetahui pasti masalah kesehatan yang menyebabkan pria tersebut memiliki tubuh seperti balita.

Akan tetapi, dia memastikan kalau Dikes akan turun untuk mengecek masalah kesehatan yang terjadi pada pria berusia 21 tahun itu.

“Iya itu harus kita cek”,katanya.

Dia memperkirakan bahwa persoalan Muzakir adalah kasus stunting atau tumbuh pendek akibat gizi kronis karena adalah kasus lama. Karena usianya sudah 21 tahun.

Dia mengatakan, angka stunting di Lombok Tengah terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Saat ini angka stunting di Lombok Tengah sebesar 20,01 persen dari angka 41 persen pada tahun 2017 lalu.

“Di semua kecamatan dari semua bayi itu seperlimanya stunting”,katanya.