Dispar Lotim Kecewa Ada Hotel Buang Sampah Sembarangan

Lombok Timur (Inside Lombok) – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) menyayangkan aksi salah satu pihak hotel yang membuang sampah sembarangan pada daerah wisata Sembalun. Ini mencoreng citra baik pelaku usaha pariwisata di Lotim.

Kepala Dinas Pariwisata, H Mugni mengatakan, ia menyayangkan aksi salah satu pihak hotel yang kedapatan membuang sampah sembarangan di kawasan wisata Sembalun. Ia menilai aksi tersebut tidak hanya mencemari alam, namun hal tersebut juga bisa berdampak pada sektor wisata.

“Jika para pelaku wisata tidak bisa menjaga kebersihan, maka wisata kita juga akan berdampak buruk di mata wisatawan,” ujarnya saat ditemui Inside Lombok di ruangannya, Selasa (27/10).

Lanjutnya, seharusnya sebagai pelaku wisata tidak boleh berbuat hal seperti itu dengan membuang sampah sembarangan, terlebih lagi pada kawasan wisata. Semestinya pihak hotel tersebut membuat tempat pembuangan sampah sendiri.

“Kita harus sama-sama bersinergi dalam menjaga pariwisata kita,” ucapnya.

Salah satu daya tarik dari sebuah wisata merupakan pada sektor kebersihan. Dengan mengedepankan wisata yang bersih dapat memberikan rasa nyaman kepada setiap pengunjung. Sehingga dengan begitu pariwisata tersebut mendapat nilai lebih di mata para pengunjung.