Distan Mataram Segera Buka Pasar Hewan Persiapan Idul Adha

Operasional Pasar Hewan Selagalas, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, segera dibuka sebagai persiapan Idul Adha 1441 Hijriah. (Foto: Inside Lombok/ANTARA News/Nirkomala)

Mataram (Inside Lombok) – Dinas Pertanian Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, segera membuka operasional Pasar Hewan Selagalas untuk memudahkan masyarakat mencari ternak sekaligus persiapan pemenuhan kebutuhan hewan kurban Idul Adha 1441 Hijriah.

“Kemungkinan hari Kamis (25/6-2020), Pasar Hewan Selagalas akan kami buka,” kata Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kota Mataram H Mutawalli di Mataram, Senin.

Operasional Pasar Hewan Selagalas, ditutup sejak 26 Maret 2020, guna mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) yang mewabah di kota ini.

Dikatakan, sebagai persiapan pembukaan Pasar Hewan Selagalas, hari ini dilakukan rapat persiapan bersama pihak-pihak terkait, karena dalam operasionalnya pasar hewan harus menerapkan protokol COVID-19.

Karena itu, Distan membutuhkan petugas khusus untuk melakukan pengawasan. “Sebelum dibuka, tim dari gugus COVID-19, akan melakukan penyemprotan cairan disinfektan pada areal pasar hewan,’ katanya.

Rencana pembukaan pasar hewan tersebut, lanjutnya, dimaksudkan juga untuk membantu jagal mendapatkan ternak terutama jenis sapi guna pemenuhan kebutuhan daging bagi warga kota melalui 19 pasar tradisional di Mataram.

“Selama pasar hewan ditutup, para jagal membeli ternak langsung ke peternak dan ke Pasar Hewan Narmada, Kabupaten Lombok Barat,” katanya.

Ia mengakui, dengan membeli hewan di peternak maupun di Pasar Hewan Narmada, para jagal harus membayar lebih mahal untuk biaya pengiriman, karena itu diharapkan dengan pembukaan Pasar Hewan Selagalas bisa memudahkan jagal sekaligus masyarakat mendapat hewan ternak termasuk untuk kebutuhan Idul Adha.

Mutawalli menambahkan, Pasar Hewan Selagalas beroperasional dua kali seminggu yakni setiap hari Selasa dan Kamis, para pengepul datang dari berbagai daerah di Pulau Lombok bahkan Pulau Sumbawa.

Jenis ternak yang dipejualbelikan di Pasar Hewan Selagalas, hanya untuk sapi dan kambing dengan rata-rata jumlah ternak yang datang dalam sehari saat kondisi normal 500-600 ekor, tetapi pada saat tertentu bisa mencapai 1.000 ekor bahkan lebih.

“Misalnya, saat menjelang Lebaran Idul Fitri, Lebaran Ketupat, dan Idul Adha, ternak di Pasar Hewan Selagalas bisa mencapai 1.000 ekor,” ujarnya. (Ant)