DLH Lobar Ganti Kepala, Pengelolaan Sampah Masih Jadi PR Mendesak

49
Ilustrasi Pengelolaan Sampah (Image source : SAE Indonesia)

Lombok Barat (Inside Lombok) – Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid resmi melantik pengganti Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lobar, Rabu (3/8), setelah kadis sebelumnya, Budi Dharmajaya, memasuki masa pensiun. Mantan camat Kediri, Hermansyah kini resmi menduduki jabatan tersebut, sekarang bertugas mengurai masalah pengelolaan sampah di Lobar yang belum berjalan maksimal.

Saat pelantikan, Fauzan secara khusus berpesan agar Kadis LH yang baru bisa berinovasi dan membangun sistem serta manajemen pengelolaan sampah yang lebih baik. Pengelolaan sampah sendiri diakui menjadi persoalan mendesak yang perlu ditangani Pemda Lobar.

“Ini penting, karena berkaitan dengan kemampuan daerah. Anggaran untuk sampah ini mahal. Jika dikalkulasikan, anggaran sampah itu terhitung Rp100 ribu per rumah tangga, tapi selama ini Rp4 ribu per rumah. Itu pun yang dipungut hanya yang berlangganan PDAM. Untuk itu, mohon agar manajemen persampahan ini dikelola dengan baik,” tegas Fauzan.

Sementara itu, Budi Dharmajaya selaku mantan Kepala DLH sebelumnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemda Lobar, dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati Lobar. “Selama 29 tahun mengabdi di Lombok Barat ini, banyak pengalaman yang dapat kami petik,” ujarnya.

Ia pun berpesan kepada Kepala DLH yang baru agar bisa melanjutkan tugas-tugas yang belum terselesaikan selama kepemimpinannya. “Kami ada bantuan pusat, TPST di Senteluk, TPS3R . Itu semua perlu perhatian, karena sampah sudah tidak terpilah sejak 1 Juli. Kalau tidak terpilah, tidak akan diterima TPA. Bila perlu pak Kadis buka baju untuk mengangkat sampah, jangan malu mengangkat sampah dan keliling,” pesannya. (yud)