Dubes Azerbaijan Mengaku Tertarik Supaya Warganya Dapat Berinvestasi di Lobar

Lombok Barat (Inside Lombok) – Duta Besar Azerbaijan untuk Indonesia, Jalal Mirzayev menyebut akan mengupayakan dan mendorong pengusaha Azerbaijan untuk datang dan tertarik berinvestasi di Lombok, lebih khusus lagi Lobar.

“Kami ingin berinvestasi infrastruktur di Lombok Barat, saya membutuhkan detail informasi apa yang dibutuhkan. Termasuk bagaimana garansinya apabila melakukan investasi di daerah ini,” ucap Jalal Mirzayev, Duta Besar Azerbaijan dalam kunjungannya yang disambut langsung oleh Bupati Lobar beserta jajarannya, di Kantor Bupati Lobar, Kamis (26/11/2020).

Ia pun menanyakan terkait kewenangan izin berinvestasi yang kemudian langsung dijawab oleh Bupati Lobar. Bahwa kewenangan mengenai hal tersebut ada di pemerintah pusat. Namun nanti, apabila pihak yang ingin melakukan invetasi sudah memperoleh izin dari pemerintah pusat. Maka bupati mengaku akan mempermudah proses investasi investor Azerbaijan di Lobar.

“Segera setelah saya dapat informasi, saya akan bawa investor dari Azerbaijan,” kata dubes tersebut.

Ia mengaku memiliki rasa ketertarikan setelah melihat sendiri bagaimana Lombok Barat. Ia pun dengan sangat yakin, orang-orang Azerbaijan yang datang mengeksplor Lobar akan betah untuk tinggal dan berinvestasi di sini.

“Kalau warga Azerbaijan eksplore pulau ini, keindahan pulau ini, Tinggal dan investasi di sini, mereka pasti akan suka,” katanya.

Dirinya mengaku yakin karena ia merasa bahwa Lobar dan Azerbaijan memiliki banyak kesamaan (common values) yang akan membuatnya mudah untuk bekerja sama.

“Pulau ini adalah tempat yang sangat Indah untuk dikunjungi, sayangnya orang Azerbaijan belum banyak tahu tentang pulau ini” ketusnya.

Ia pun menyampaikan akan mencoba mempertimbangkan kira-kira kontribusi apa yang bisa diberikan untuk Lobar. Dirinya bertekad untuk ke depannya dapat  menghubungkan Indonesia, termasuk Lombok dengan daerah-daerah relevan yang ada di Azerbaijan. Dengan niat untuk dapat membangun kerjasama, baik keuntungan untuk saling mengunjungi dan mengeksplore keindahan negara masing-masing.

“Kami berupaya menarik orang Indonesia ke Azerbaijan juga dengan mendesain haji-umrah plus. Sehingga mereka yang akan melaksanakan ibadah umrah ke Makkah, juga bisa mampir ke Azerbaijan” ujarnya dengan penuh optimis.

Sehingga ia berharap untuk ke depannya supaya ada kerjasama antara agen wisata yang ada di Lobar dan Azerbaijan dalam rangka untuk bisa saling mengunjungi.

“Kerja sama antara agen wisata Azerbaijan dan  Lombok Barat, kita bisa bersama-sama melakukan promosi apakah di Lombok atau di Baku (ibu kota Azerbaijan, read)” imbuhmya.

Dubes Azerbaijan ini mengaku sangat tertarik dengan Lobar, dengan wisata halalnya, termasuk dengan keindahan dan kemegahan bangunan-bangunan masjidnya.

Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid mengharapkan agar dubes bisa menikmati keindahan alam dan keragaman budaya yang ada di Lombok Barat ini.

“Lombok Barat dengan Azerbaijan sama-sama Islam. Di Azerbaijan 97 persen penduduknya Islam, sedang Lombok Barat sekitar 92 persen Islam” sebut Bupati Lobar ini.

Sehingga ia menilai bahwa apabila ke depannya Lobar dan Azerbaijan menjalin kerjasama. Hal itu dinilai akan sangat menjanjikan termasuk pertukaran budaya dan bagaimana mengundang wisatawan dari Azerbaijan untuk berwisata di Lobar.

“Salah satu yang menarik adalah makanan halal, ini adalah isu yang sensitif, Lombok Barat menjamin itu karena kesamaan agama. Termasuk juga di bidang ekspor-impor hasil industri kecil seperti jajanan, kopi, dan lain-lain” pungkasnya.