Fasilitas Dilengkapi, Pelabuhan Gili Mas Siap Sambut Wisatawan

Rombongan komisi V DPR RI, bersama wakil Gubernur NTB dan Bupati Lobar, saat meninjau kesiapan pelabuhan Gili Mas. Senin (11/10/2021). (Inside Lombok/Yudina Nujumul Qur’ani).

Lombok Barat (Inside Lombok) -Komisi V DPR RI meninjau kesiapan dan pembangunan Pelabuhan Gili Mas, Lobar. Peninjauan dilakukan untuk memastikan salah satu pintu masuk Pulau Lombok tersebut siap memfasilitasi kapal pesiar maupun berbagai logistik pendukung untuk perhelatan World Superbike (WSBK) dan MotoGP yang akan digelar di NTB.

“Saya melihatnya ini suatu perkembangan yang baik, untuk mendukung perekonomian di NTB,” ujar Sudewo, salah satu anggota DPR RI yang turun meninjau kesiapan pelabuhan Gili Mas, Senin (11/10).

Pihaknya berharap agar Pelindo dapat menyelesaikan pembangunan terminal peti kemas dan fasilitas lainnya. Sesuai dengan tenggat yang telah ditargetkan. Mengingat potensi ekonomi dari perkembangan pelayaran di pelabuhan Gili Mas dinilai akan cukup berdampak bagi masyarakat setempat.

“Komisi V akan memberikan dukungan dalam penganggaran bilamana Pelindo membutuhkannya. Tetapi selama ini sarana dan prasarana bisa didukung dan diselesaikan sendiri oleh Pelindo,” ujarnya.

Begitu pun persoalan mengenai akses jalan, baik dari Mandalika maupun dari Mataram menuju Gili Mas. Bila memang hal itu dibutuhkan, pihaknya berjanji mengupayakan itu melalui dukungan anggaran dalam APBN, yang akan diusulkan melalui program di kementerian PUPR.

“Pasti itu akan ditindaklanjuti, karena itu merupakan komitmen dari kementerian PUPR terhadap pemerintah NTB,” papar dia.

Sejauh ini alasan pelabuhan kapal pesiar di bangun di Lembar tentu atas dasar koordinasi dan rekomendasi dari pemerintah pusat. Sehingga dalam hal ini, pihaknya memastikan bahwa pemerintah pusat akan tetap memberi atensi untuk persoalan akses dan infrastruktur di kawasan tersebut.

Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Siti Rohmi Djalilah mengakui kunjungan Komisi V DPR RI ini untuk meninjau infrastruktur maupun transportasi sangat dibutuhkan. Terutama untuk mendukung event kelas dunia yang sebentar lagi akan digelar.

“Peninjauan ke Gili Mas ini karena di sini adalah salah satu pintu masuk para visitor kita nantinya,” ujarnya. Wagub berharap dukungan dari Komisi V DPR RI mengenai optimalisasi infrastruktur dari dan ke Pelabuhan Gili Mas dapat terwujud. Mengingat dukungan tersebut sudah masuk dalam perencanaan pemerintah pusat.

“Itu kan sudah masuk perencanaan, kita pasti senang. Tinggal menunggu anggarannya,” pungkasnya.