Forum Pemuda Lintas Iman Ziarah Makam Pahlawan Bersama Veteran

Forum pemuda lintas iman melakukan foto bersama dengan para veteran di Taman Makam Pahlawan Majeluk Kota Mataram, Minggu (18/08/2019). (Inside Lombok/Istimewa)

Mataram (Inside Lombok) – Untuk memperkuat dan menumbuhkan semangat nasionalisme, Forum Pemuda Lintas Iman dan Etnis NTB bersama Legum Veteran melakukan ziarah makam pahlawan Majeluk Kota Mataram pada Minggu (18/08/2019).

Kegiatan ziarah Taman Makam Pahlawan (TMP) diawali dengan tabur bunga sebagai bentuk penghormatan kepada arwah para pahlawan. Kemudian pemberian buku Veteran kepada Pengurus Forum Pemuda Lintas Iman dan Etnis serta pemberian cendramata kepada para veteran.

Ketua Forum Pemuda Lintas Iman dan Etnis sekaligus Ketua Aliansi Tionghoa muda Peduli (ATAP) NTB, Lianto mengungkapkan bahwa kegiatan ziarah makam ini sebagai salah satu bentuk penghormatan dan penghargaan Pemuda Lintas Iman dan Etnis mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dalam mempertahankan kemerdekaan RI

“Sebagai generasi muda jangan melupakan sejarah. Sebagaimana yang pernah disampaikan oleh Ir Soekarno yang berbunyi Jangan Melupakan Sejarah,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Inside Lombok, Selasa (20/08/2019).

Ia mengakui baru kali ini pihaknya mengunjungi Taman Makam Pahlawan (TMP) bersama-sama dengan Pemuda Lintas Iman dan Etnis dan Veteran NTB.

“Kami terharu, bangga dan kagum bercampur aduk melihat para veteran masih tetap semangat waupun umur sudah tidak muda lagi. Mereka sangat displin dalam menjalankan upacara tabur bunga, banyak hal yang kami pelajari hari ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Veteran NTB, H Abdul Kadir menyebutkan bahwa ziarah Taman Makam Pahlawan bersama Pemuda Lintas Iman dan Etnis adalah keistimewaan tersendiri bagi dirinya. Karena ini pertama kali dirinya mau menyampaikan satu dua patah kata.

“Mari kita jaga toleransi antar umat beragama, saling bahu membahu dan tetap bersatu menjaga Indonesia tetap teguh. Saya sebagai ketua legion veteran provinsi NTB sangat bangga dan berterima kasih kepada forum lintas pemuda lintas agama dan etnis, karena memang ini ada kaitan langsung dengan tugas pokok veteran,” ujarnya.

Dijelaskannya, veteran di usia senja ini hanya diberikan tugas pokok mewariskan nilai-nilai juang kebangsaan 45 dan terus menerus mensosialisasikan seluas luasnya kepada generasi muda.

“Alhamdulillah pada hari ini saya sangat bersyukur pada Tuhan Yang Maha Kuasa bersama Forum Lintas Pemuda Iman dan Etnis bisa berziarah ke makam pahlawan nasional majeluk Mataram,” ucap Abdul Kadir.