Gagal Sandar, KMP Dharma Rucitra III Jurusan Lembar-Padangbai Nyaris Tenggelam

Mataram (Inside Lombok) – KMP Dharma Rucitra III mengalami kemiringan ketika hendak bersandar di Dermaga 2 Pelabuhan Padangbai, Bali pada hari Jumat (12/06/2020) pukul 21.50 WITA.

KMP Dharma Rucitra III mengalami gagal sandar diduga karena kebocoran lambung kapal yang dimasuki air sehingga mengakibatkan keseimbangan kapal menghilang dan miring ke sebelah kiri.

Sebelumnya, KMP Dharma Rucitra III berangkat dari Pelabuhan Lembar pada pukul 17.30 WITA. Kemudian kapal sampai di Area l Perairan Dermaga 2 Pelabuhan Padangbai pada pukul pada 21.50 WITA ketika melakukan manufer untuk sandar.

Namun, kapal tersebut mengalami kemiringan yang diduga disebabkan oleh lambung kapal bocor, sehingga air masuk ke dalam. Ketika hampir berhasil sandar, kapal mengalami kegagalan mesin sehingga lambung kapal menyentuh dasar Dermaga 2 Pelabuhan Padangbai.

Tidak ada laporkan korban jiwa atas kejadian tersebut. Adapun jumlah penumpang yang berhasil dievakuasi yakni sebanyak 60 orang.

Sementara itu, jumlah kendaraan yang dimuat dalam KMP Dharma Rucitra III ini diantaranya delapan unit tronton, 10 unit truk besar, tiga unit truk sedang, tiga unit kendaraan kecil, dan delapan unit sepeda motor.

Hingga saat ini pihak terkait sedang melakukan tindak lanjut terhadap kejadian miringnya kapal tersebut.