Gubernur NTB Resmikan Siloam Hospitals Mataram

Gubernur NTB Zulkieflimansyah meresmikan Siloam Hospitals Mataram bersama dengan perwakilan Menteri Kesehatan RI dr. Ina Rosalina Dadan, Direktur Siloam Hospitals Mataram dr. Rini Kusmardiati, Founder and Chairman of Lippo Group Mochtar Riady, di Jalan Majapahit, Mataram, Kamis (16/01/2019). (Inside Lombok/Istimewa)

Mataram (Inside Lombok) – Gubernur NTB Zulkieflimansyah meresmikan Siloam Hospitals Mataram melalui penandatanganan prasasti pada hari Kamis (16/01/2019). Acara peresmian tersebut juga turut dihadiri oleh perwakilan Menteri Kesehatan RI dr. Ina Rosalina Dadan, Direktur Siloam Hospitals Mataram dr. Rini Kusmardiati, Founder and Chairman of Lippo Group Mochtar Riady, jajaran Pemprov NTB, dan staf Siloam Hospitals Mataram.

Dalam sambutannya, Zulkieflimansyah berharap rumah sakit ini bisa menghadirkan Community of Practice (CoP) sehingga arus informasi dari pihak Siloam Hospitals bersama rumah sakit lainnya menjadi lancar. Dengan demikian, Siloam Hospitals Mataram juga diharapkan dapat memperbarui kemampuan masyarakat dan mampu memberikan pelayanan terbaik.

“Kehadiran Siloam Hospitals Mataram bukan hanya kita bisa syukuri bersama, tapi ini simbol besar bahwa NTB akan menjadi daerah yang patut diperhitungkan di Republik Indonesia,” ujarnya pada saat peresmian Siloam Hospitals Mataram, Kamis (16/01/2019).

Siloam Hospitals Mataram telah menyediakan berbagai macam fasilitas dan pelayanan unggulan. Salah satunya pelayanan Gawat Darurat 24 jam yang mulai beroperasi sejak resmi bergabung dengan Siloam Hospitals Group pada bulan Januari 2017.

Sejumlah fasilitas dan layanan lainnya yakni ruang evakuasi medis, rawat jalan, Medical Check Up, Farmasi, Laboratorium, Radiologi (CT Scan, Ultrasound, dan X-ray), Rehabilitasi Medik, Kamar Operasi, Rawat inap, Persalinan dan kelahiran serta Perawatan Intensif (ICU).

Selain itu, Siloam Hospitals Mataram juga diperkuat oleh jajaran tim dokter spesialis, sub-spesialis, serta tenaga medis kompeten dan berpengalaman untuk memberikan pelayanan medis prima. Jaringan Siloam Hospitals Group yang telah terintegrasi memungkinkan dilakukannya penanganan medis terhadap pasien secara tepat, efektif, dan holistik.

“Pada kondisi gawat darurat, yang terpenting adalah pelayanan cepat dan tepat. Oleh karena itu, kami mempersiapkan tim medis yang
terlatih dalam memberikan pelayanan gawat darurat prima untuk merespon segala kasus kecelakaan, jantung, otak, dan kondisi gawat darurat lainnya,” jelas Direktur Siloam Hospitals Mataram, dr. Rini Kusmardiati.

Fokus utama Siloam Hospitals Mataram, yang sebelumnya bernama RS Graha Ultima Medika (RS GUM) ini adalah meningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum, perusahaan, dan asuransi di Mataram dan sekitarnya.

Di samping itu pula, Siloam Hospitals Mataram telah mendapatkan akreditasi Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) yang terakreditasi oleh ISQUA dengan paripurna pada bulan Oktober 2019 lalu.

Saat ini Siloam Hospitals mengelola dan mengoperasikan 37 rumah sakit, terdiri dari 13 rumah sakit di kawasan Jabodetabek dan 24 rumah sakit yang tersebar di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara.