Harga Miring Pasar Murah di Alun-alun Praya Pakai Kupon

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Dinas Perdagangan (Disdag) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) menyatakan sudah mulai menggelar pasar murah sejak Kamis, 15 April 2021.

Lokasinya berada di Alun-alun Tastura Praya. Operasi pasar yang dimaksud adalah pasar Ramadan Berkah. Disdag menyiapkan stand dan menjual beberapa sembako dengan harga miring.

“Kami sudah melakukan operasi pasar dan menggandeng retail modern seperti Indomaret dan juga Alfamart,”kata Kepala Bidang Perdagangan Disdag Loteng, Widya Astuti, Rabu (21/4/2021) di Praya.

Sembako yang dijual Disperindag hanya tiga jenis, yakni gula pasir, beras dan juga minyak goreng dengan harga di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Gula pasir, di pasar itu sampai Rp12.500 per kg. Kami jual Rp10.000 per kg. Kalau beras 5 kg itu kami jual Rp42.500 di luar Rp50 ribu kan. Kalau minyak goreng kami jual Rp25 ribu dua liter,”ujarnya.

Ketentuan pembelian tiga sembako tersebut menggunakan kupon yang telah disiapkan petugas. Kupon tersebut diberikan saat warga berbelanja.

“Kupon potongan (harga). Jadi mereka belanja sesuai dengan harga kupon yang ada di sana,”katanya.

Satu orang hanya boleh mendapatkan satu kupon per item barang. “Kupon itu untuk SPJ kami nantinya,”katanya.

Sementara jumlah kupon yang disiapkan hanya sekitar 1.800 kupon selama kegiatan pasar murah di bulan Ramadan. Per hari kupon yang tersedia sebanyak 80 kupon.

“Total anggaran untuk kupon ini Rp27 juta yang dibagi untuk operasi pasar di bulan Ramadan dan sisanya akan digunakan saat ultah Loteng. Saat ini stoknya masih ada,”katanya.