Harga Tiket WSBK Dinilai Terlalu Mahal

ilustrasi wsbk (Inside Lombok /dok) 

Lombok Tengah (Inside Lombok) -PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) resmi mengumumkan harga tiket balap motor MOTUL FIM Superbike World Championship (WSBK) pada Kamis (21/10) kemarin. Harga termahal diketahui mencapai Rp19 juta, sedangkan harga termurah sebesar Rp796 ribu.

Harga tersebut adalah paket untuk menonton WSBK selama tiga hari berlangsung. Kendati demikian, besaran harga tiket dinilai mahal oleh beberapa pihak.

“Itu terlalu mahal. Sehingga diharapkan khusus untuk warga lokal harga tersebut bisa diturunkan,” ujar Ketua Pemuda Pancasila Lombok Tengah, Samsul Qomar saat memberikan komentar, Jum’at (22/10).

Dia menilai harga tiket seharusnya bisa dijual lebih murah. Mengingat kondisi pandemi yang mengakibatkan ekonomi masyarakat terpuruk.

“Selaku ketua perkumpulan pemuda Lombok Tengah sekaligus masyarakat penyangga, kita berharap harga tiket bisa diturunkan lagi. Sehingga masyarakat yang ingin menonton bisa membeli tiket,” cetusnya.

Berdasarkan pernyataan resmi PT. ITDC, harga tiket paling murah adalah Rp795 ribu hingga Rp2,820.000. Tribun penonton untuk harga tersebut berada di dekat tikungan 15 dan tikungan 17.

Tiket yang belum termasuk pajak ini berlaku selama tiga hari saat event balap WSBK yakni tanggal 19-21 November. Untuk harga tiket yang lain yaitu West Grand Stand adalah Rp1.395.000 dengan lokasi menonton berdekatan dengan tikungan 15.

Kemudian Main Grand Stand yang berada di dekat tikungan satu dan tikungan 16 Sirkuit memiliki kisaran harga Rp 1.850.000 hingga Rp 2.350.000 serta Premiere Grand Stand yang lokasi duduknya menghadap gate start dan finish pembalap di kisaran harga Rp 2.650.000 – Rp2.820.000.

Di samping lokasi titik tersebut, penyelenggara event juga telah menyiapkan kategori Hospitality Suites, yang terdiri dari dua kelas, yakni Premiere Class yang dibanderol dengan harga Rp 19.500.000 dan Deluxe Class dengan harga Rp 14.950.000 yang berlaku untuk tiga hari.

Premiere Class ini berlokasi di lantai dua Pit Building sehingga memudahkan penonton untuk berinteraksi dengan pembalap. Sementara Deluxe Class berlokasi di VIP Village berdekatan dengan Paddock Sirkuit.

Tiket dapat dibeli mulai tanggal 23 Oktober 2021, melalui website Xplorindonesia (Xplorin.id) dan partner resmi penjualan tiket, antara lain tiketapasaja.com, tiketmu.id, Dyandratiket.com, dan tiket.com. Total tiket yang dijual sebanyak 25.000 tiket.

Sebagai informasi, Xplorin merupakan unit usaha ITDC berbasis platform digital aplikasi smartphone dan situs yang melayani wisatawan untuk terhubung dengan beragam event ataupun berbagai akomodasi yang tersebar di Indonesia.

Bagi masyarakat yang ingin menonton secara langsung event WSBK, diwajibkan untuk memenuhi kriteria tertentu, antara lain membeli tiket melalui jalur resmi yang ditentukan, berusia 12 tahun ke atas dan sudah melakukan dua kali vaksin COVID-19.

Selain itu, penonton membawa dan menunjukkan hasil swab antigen (1×24 jam)/PCR (2×24 jam) negatif COVID-19 sebelum memasuki area Sirkuit melalui aplikasi Peduli Lindungi serta melakukan pemindaian QR code yang disiapkan oleh pengelola untuk masuk Sirkuit.

Apabila penonton belum terdaftar pada aplikasi Peduli Lindungi, diwajibkan untuk menunjukkan hasil tes swab antigen atau PCR dari Rumah Sakit atau Klinik serta sertifikat vaksin dengan prosedur yang dikirim ke email terdaftar.