‘Herd Imunity’ Terbentuk, Capaian Vaksinasi di Mataram Sudah Lebih 70 Persen

Mataram (Inside Lombok) – Capaian vaksinasi di Kota Mataram sudah mencapai 72,87 persen atau 229.955 orang untuk tahap pertama. Dengan capaian tersebut, maka Kota Mataram sudah mencapai herd imunity atau kekebalan kelompok.

Hal itu dikatakan Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Mataram, I Nyoman Suwandiasa Jumat (17/9) di Mataram. Ia mengatakan, cakupan vaksinasi Covid-19 di Kota Mataram disebut sudah cukup maksimal dilakukan. Pelayanan vaksinasi ini juga dilakukan oleh TNI/Polri.

“Kota Mataram sudah tervaksinasi. Kita sekarang sudah cukup tinggi yaitu 72,87 persen. Cukup progresif kemajuan kita terkait vaksin ini,” ujarnya.

Disebutkan, untuk vaksinasi tahap kedua di Kota Mataram baru mencapai 46,11 persen atau sebanyak 145.529 jiwa. Sedangkan vaksinasi tahap ketiga untuk tenaga kesehatan yaitu sebanyak 78,65 persen atau 5.547 tenga kesehatan.

“Dengan capaian 72 persen lebih ini. Kita sekarang tidak menentukan target lagi. Tapi kita juga harapkan semua warga Kota Mataram  bisa tervaksinasi atau sebesar 100 persen,” kata Nyoman.

Selain itu, lanjut Nyoman, meski sudah mencapai herd imunity masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Pasalnya, protokol kesehatan tersebut bisa mencegah terjadinya penularan. Sehingga jangan sampai, herd imunity sudah terbentuk kasus penularan Covid-19 tetap terjadi peningkatan.

“Kita akan tetap melakukan pengawasan protokol kesehatan. Jangan sampai herd imunity terbentuk langsung euphoria. Kan tetap akan kena akhirnya,” ujarnya.

Masyarakat tetap diingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan 5M yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mencegah kerumunan dan mengurangi mobilitas.