Hijaukan KEK Mandalika, Ribuan Bibit Pohon Ditanam

Penanaman pohon di gunung Bongak desa Tumpak kecamatan Pujut Lombok Tengah, Minggu (28/11/2021). (Inside Lombok/istimewa)

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Ribuan bibit pohon ditanam di desa penyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Minggu (28/11). Tepatnya di Gunung Bongak, Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Kapolda NTB, Irjen Pol. M. Iqbal menyampaikan penanaman seribu bibit pohon tersebut dilakukan menghijaukan destinasi wisata super prioritas KEK Mandalika agar lebih asri dan nyaman.

“Gerakan seperti ini harus didukung oleh seluruh pihak dan sejalan dengan Program Kampung Sehat yang telah dicanangkan oleh Polda NTB,” ujarnya. Pohon yang ditanam yakni jenis gaharu sebanyak 3.000 bibit, sengon 2.000 bibit, trembesi 800 bibit dan jenis pohon nyamplung sebanyak 1.000 bibit.

Selain itu ada juga beberapa jenis pohon buah-buahan yakni alpukat sebanyak 250 bibit, kelengkeng 500 bibit dan lamtoro 3.000 bibit. Gerakan menanam pohon tersebut diharapkan bisa menghijaukan KEK Mandalika.

Apalagi, ke depan di tempat tersebut akan digelar beberapa event internasional seperti ajang balap MotoGP dan juga World Superbike (WSBK). Di mana, event-event tersebut tentunya butuh lingkungan yang asri dan indah. (irs)