Hingga Kini Masih Banyak Warga Tak Taat Prokes

Patroli gabungan yang disertai pemberian masker kepada masyarakat agar selalu mematuhi Prokes. (Inside Lombok/istimewa)

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Koramil jajaran Kodim 1620/Loteng bersama dengan Polri, dan Satpol PP melaksanakan patroli gabungan setiap hari, guna memutus rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Pada Selasa (20/7/21) petugas gabungan melakukan patroli malam di wilayah binaan masing-masing. Hal ini dilakukan untuk memberikan himbauan dan mensosialisasikan Protokol Kesehatan serta PPKM yang berlaku di Kabupaten Lombok Tengah.

“Kepada para pedagang dan pengunjung maupun masyarakat yang masih kedapatan melakukan aktifitas malam melebihi waktu yang sudah ditentukan, diberikan himbauan untuk bisa mematuhi aturan-aturan yang sudah ditetapkan,”kata Kapolres Loteng, AKBP Esty Setyo Nugroho.

Hasil patroli masih ditemukan beberapa pedagang, pembeli, dan masyarakat sekitar yang tidak menggunakan masker. Sehingga aparat gabungan memberikan masker, dengan catatan selanjutnya berjanji untuk menggunakan masker.

Selain itu, aparat gabungan juga menghimbau dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk bisa lebih disiplin menjalankan Prokes, guna memutus mata rantai Covid-19.

Terpisah, disampaikan Komandan Kodim 1620/Loteng, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan mengatakan, masih ada masyarakat yang belum sadar dan disiplin terhadap himbauan pemerintah untuk mematuhi Prokes maupun PPKM sebagai langkah dalam menghadapi pandemi yang terjadi.

“Namun, petugas juga memberikan apresiasi kepada masyarakat yang sudah mau mengikuti aturan, seperti disiplin Prokes, mendukung PPKM, terutama selalu menggunakan masker apabila beraktifitas di luar rumah, untuk memutus mata rantai Covid-19. Kami sangat berterimakasih kepada masyarakat yang sudah mau patuh,”  ujar Dandim.

Disisi lain, dia menjelaskan selain sosialisasi dan memberikan himbauan kepada masyarakat,.patroli yang dilakukan di masing-masing wilayah Koramil jajaran Kodim juga bertujuan untuk mewujudkan situasi aman di masa pandemi Covid-19.

“Agar tidak terjadi kriminalitas dan masuknya pelaku kejahatan. Patroli yang terdiri dari Anggota Koramil 1620-01 sampai dengan Koramil 1620-09 yang dibantu oleh Satpol PP, dan Personil Polri dari Polsek-polsek yang ada di wilayah terkait, melaksanakan Patroli bersama.

“Personil Kodim 1620/Loteng akan terus berupaya mencegah terjadinya penularan Covid-19, dan meminimalisir terjadinya tindak kejahatan dimasa Pandemi ini,” tutupnya.