Hujan Diprediksi Guyur NTB Sepekan ke Depan

66
Ilustrasi hujan (Image source : Netralnews.com)

Lombok Tengah (Inside Lombok) – NTB diprediksi akan diguyur hujan sepekan ke depan. Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Zainudin Abdul Madjid (BMKG Sat ZAM) memprediksi hujan berpotensi turun 11-17 Agustus 2022.

Menurut data yang diperoleh dari BMKG, diperkirakan pada tanggal 11 sampai 13 Agustus cuaca umumnya akan cerah berawan dan hujan sedang. Namun diperkirakan juga akan terdapat potensi hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Tengah, Sumbawa, Sumbawa Barat, Kota Bima, Dompu, dan Kabupaten Bima hingga sore hari.

Untuk suhu udara sendiri diperkirakan berkisar 20-34 derajat celcius. Sedangkan untuk tanggal 14-17 Agustus 2022 mendatang, diperkirakan juga akan cerah berawan sampai hujan ringan.

Pada tanggal itu diperkirakan akan terdapat potensi hujan ringan di sebagian wilayah Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Tengah, Sumbawa, Sumbawa Barat, Kabupaten Bima, Dompu, dan Kota Bima hingga sore hari.

Untuk suhu berkisar 19-34 derajat celcius, angin permukaan akan bertiup dengan variasi arah dominan dari timur selatan, dengan kecepatan angin maksimum mencapai 40 kilometer per jam.

Kepala BMKG Sat ZAM, Cucu Kusmayancu menjelaskan catatan dan keterangan dari perkiraan cuaca tersebut, hujan ringan dengan intenitas 0,1 sampai 5,0 atau 5 sampai 20 milimeter per hari. Hujan sedang dengan intensitas 5,0 sampai 10,0 milimeter per jam. Atau 20 sampai 50 milimeter per hari.

“Sedangkan untuk hujan lebatnya kami perkirakan dengan intensitas 20 milimeter per jam, atau 100 milimeter per hari,” jelasnya, Jumat (12/8). Informasi cuaca ini disampaikan untuk memberitahukan kepada masyarakat NTB agar senantiasa bersiap-siap dalam adanya perubahan iklim. (fhr)