IKM dan UMKM Dipaksa Bersaing dengan Produk di Ritel Modern

Lombok Timur (Inside Lombok) – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lotim akan lakukan pembinaan kepada Industri Kecil Menengah dan Usaha Mikro Kecil Menengah (IKM/UMKM) yang ada di Lotim. Ini dalam rangka memudahkan IKM/UMKM bersaing dengan produk ritel modern. Hal ini sudah menjadi keharusan, mengingat UMKM saat ini seperti dipaksa untuk bersaing dengan produk yang dijual di ritel-ritel modern.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Timur, Hj Masnan mengatakan akan melakukan pembinaan kepada para IKM dan UMKM, agar produk lokal Lotim bisa bersaing dengan produk di ritel modern.

“Kita sudah melakukan diskusi dengan ritel modern tersebut agar bisa memberdayakan produk lokal di pertokoan mereka,” ucapnya.

Dikatakannya, ritel modern juga tidak bisa asal setujui produk masyarakat untuk dipasarkan di pertokoan mereka. Namun, harus selektif dalam memberikan izin produk lokal di ritel mereka.

Produk lokal dari masyarakat harus terlebih dahulu mempunyai izin pemasaran, nomor seri BPOM dan mempunyai lebel halal. Hal tersebut untuk menjaga keamanan dan kesehatan para konsumen.

“Untuk itu kita akan bina para IKM dan UMKM kita agar tahu prosedur pemasaran seperti apa. Agar produk mereka bisa dimasukkan dimana-mana,” jelasnya.

IKM dan UMKM di Lotim sangat banyak, namun hanya beberapa yang sudah mempunyai izin pemasaran. Untuk itu, diharapkan kepada para IKM dan UMKM agar mempunyai surat izin, agar produk mereka bisa masuk di ritel modern.