Insentif Nakes di Lotim Belum Dibayar Delapan Bulan

Lombok Timur (Inside Lombok) – Insentif nakes (tenaga kesehatan) di kabupaten Lombok Timur (Lotim) dari bulan September 2020 hingga April 2021 belum dibayarkan. Untuk itu, Pemda Lotim bersama dengan Dinas Kesehatan (Dikes) akan membuat juknis (petunjuk teknis) pencairan terlebih dahulu.

Kepala Dikes Lotim, H. Pathurrahman mengatakan bahwasanya saat ini pihaknya sedang menyusun juknis terkait dengan bagaimana mekanisme pembagiannya, pembayaran serta besaran insentif yang akan diterima para nakes.

“Mereka (nakes-red) akan tetap menerima insentif, akan tetapi tidak sebesar yang dulu,” ucapnya kepada Inside Lombok saat ditemui di Kantor Bupati Lotim, Rabu (21/04/2021).

Besaran yang akan diterima para nakes tidak sebesar sebelumnya, dikarenakan saat ini pembayaran insentif nakes sesuai dengan kemampuan daerah. Dikatakan Pathurrahman, pihaknya akan bekerja keras dan tidak terburu-buru, harus sesuai dengan regulasinya.

“Kita akan buat regulasinya terlebih dahulu, InsyaAllah akan transparan dengan mengundang pihak puskesmas dan memaparkan jumlah uang serta regulasinya,” jelasnya.

Pembayaran insentif nakes ini sendiri akan dibayarkan melalui keuangan daerah masing-masing. Sehingga, beberapa daerah sedang menyusun juknis untuk pembayarannya.

“Kita InsyaAllah akan bayarkan dari empat bulan akhir 2020 lalu hingga tahun 2021 ini,” imbuhnya.