‘Inside Lombok’ MoU dengan Polda NTB untuk Berupaya Tangkal Hoaks

CEO PT. Lombok Media Utama, Yogi Mahatma didampingi Wakapolda NTB Birgjen Pol Drs. Ruslan Aspan saat menandantangani MoU dengan Polda NTB, Kamis (12/8). (Inside Lombok/Azmah)

Mataram (Inside Lombok) – Kepolisian Daerah (Polda) NTB melakukan penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) atau nota kesepahaman bersama dua media, salah satunya PT. Lombok Media Utama atau Inside Lombok. Kerjasama yang dijalin untuk membantu aparat kepolisian melawan berita hoaks.

Kapolda NTB, Irjen. Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H. dalam sambutannya melalui Wakapolda NTB Birgjen Pol Drs. Ruslan Aspan menyampaikan, penandatangan nota kesepahaman dengan dia media sosial di NTB agar bisa membantu menyampaikan berita yang valid kepada masyarakat.

“Menjadi media arus utama sehingga bisa untuk mengaplikasikan pemberitanan sesuai fakta kepada masyarakat. Terutama pada masa pandemi Covid-19 ini banyak berita yang cendrung menentang aturan pemerintah dan undang-undang,” ujarnya.

Ia mengatakan, banyak konten-konten yang negatif tersebar di media sosial disebabkan karena kurang dikelola dengan baik. Hal ini disebut bisa menimbulkan kerawanan sosial. Sehingga melalui kerjasama yang dijalin dengan dua media sosial tersebut bisa membantu menjaga kantibmas.

“Mendukung pelaksanaan tugas polri, dalam memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat guna terpeliharananya kantibmas di Provisni NTB,” harapnya.

Sementara itu, Kabid humas Polda NTB Kombes pol Artanto S.I.K M.SI mengatakan, dengan berkembangnya teknologi informasi belakangan ini, media sosial menjadi salah satu acuan masyarakat untuk mencari informasi.

“Media sosial satu langkah kedepan jika dibandingkan dengan media masa lainnya seperti radio, media cetak dan online,” katanya.

Menurutnya, media sosial bisa menjangkau masyarakat lebih luas. Selain itu, informasi yang disajikan media sosial terkadang menjadi acuan media mainstream untuk mencari berita.

“Inside Lombok dengan Follower 301 ribu bisa memberikan kemudahan bagi Polri untuk menyampaikan kasus. Bisa juga nanti kit titipkan video kepada kedua media itu. Kita dapat melawan hoaks yg beredar,” ungkapnya.

CEO PT. Lombok Medi Utama, Yogi Mahatma mengatakan, kerjasama yang telah disahkan melalui MoU antara Inside Lombok dan Bidang Humas Polda NTB merupakan sebuah langkah yang efektif dari kedua belah pihak. Terutama dalam menghadirkan informasi yg tidak hanya menghibur namun juga edukatif dan aktual bagi masyarakat.

“Kami dari Inside Lombok berharap, dengan kerjasama ini, kebutuhan masyarakat terhadap informasi akan terpenuhi secara optimal melalui konten-konten interaktif dan informatif hasil kolaborasi Inside Lombok dan Polda. Sehingga dapat menciptakan ketertiban dan keamanan di Pulau Lombok,” pungkasnya.