Jalan Wisata Pusuk Sembalun Tertutup Longsor

 

Lombok Timur (Inside Lombok) – Bencana longsor yang melanda Pusuk Sembalun pada Senin (12/04/2021) sekitar pukul 04.00 WITA dini hari menyebabkan tertutupnya akses menuju Kecamatan Sembalun dan Kecamatan Suela.

Hal itu dikarenakan jalan Pusuk Sembalun merupakan satu-satunya akses penghubung dua kecamatan tersebut.

Kapolsek Sembalun, AKP Lalu Panca Warsa mengatakan, terdapat dua titik longsor yang terjadi di wilayah Pusuk Sembalun yang mengakibatkan tertutupnya akses jalan penghubung dua kecamatan itu.

“Ditemukan material longsoran sebanyak dua titik di jalan raya Jalur Wisata Pusuk Sembalun dan menyebabkan tertutupnya badan jalan,” jelasnya kepada Inside Lombok, Senin (12/04/2021).

Belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya longsor tersebut, dikarenakan pada saat kejadian tidak terjadi hujan dengan intensitas tinggi yang biasanya menjadi penyebab longsor.

“Intensitas hujan yang cukup tinggi di wilayah Sembalun terutama mulai pukul 12.00 WITA setiap hari, namun pada saat terjadi longsor tidak ada hujan tapi angin bertiup cukup kencang,” tuturnya.

Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Akan tetapi untuk menghindari adanya korban akibat longsor, pihak kepolisian telah memasang garis polisi sembari menunggu alat berat untuk menyingkirkan material longsor dari badan jalan.

Kapolsek Sembalun mengimbau kepada masyarakat yang akan melalui jalur Sembalun menuju Suela untuk mencari jalur lain, mengingat jalur Sembalun menuju Suela terputus akibat material longsoran yang menutupi badan jalan.