26.5 C
Mataram
Senin, 15 Juli 2024
BerandaBerita UtamaJelang Event di Sirkuit Mandalika, Boks Panel PJU di Bypass Mandalika Malah...

Jelang Event di Sirkuit Mandalika, Boks Panel PJU di Bypass Mandalika Malah Hilang

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Jalan Bypass Mandalika kembali gelap karena boks panel penerangan jalan umum (PJU) hilang digondol pencuri. Padahal PJU yang ada di lokasi itu belum lama ini baru selesai perbaikan karena kabelnya yang telah dicuri juga beberapa kali.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lombok Tengah (Loteng), Lalu Herdan menegaskan pencurian perlengkapan PJU di jalur bypass itu sudah terjadi beberapa kali. Sebelumnya kabel PJU hilang sehingga pemerintah harus melakukan perbaikan agar PJU kembali normal.

“Setelah dilakukan pengecekan malah kembali hilang boks panel PJU ini,” ujarnya, Kamis (13/6). Dijelaskan, bahwa PJU yang ada di bypass ini memang tanggung jawab dari pemerintah pusat. Namun pihaknya mendapat informasi hilangnya boks panel ini juga dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD). “Hilangnya diketahui saat tim dari BPTD melakukan pengecekan untuk dilakukan pemeliharaan rutin,” ungkapnya.

Ditegaskan Herdan, sebelumnya setelah pencurian kabel PJU dan dilakukan perbaikan maka dari BPTB juga intens melakukan pemeliharaan. Namun saat turun melakukan pengecekan ditemukan ada sejumlah isi dalam boks panel PJU yang hilang. “Dalam satu boks panel ini kan bisa untuk puluhan lampu, jadi sekarang ada tiga boks panel yang hilang makanya banyak juga lampu PJU di bypass ini yang kembali tidak berfungsi,” jelasnya.

- Advertisement -

Pihaknya menduga bahwa boks panel menjadi incaran baru para pencuri karena sebelumnya mereka mencuri kabel PJU tersebut. untuk mengantisipasi pencurian tidak terjadi lagi pihaknya akan mengupayakan posisi boks panel PJU diletakkan lebih tinggi agar sulit dijangkau.

“Awalnya tidak terlalu tinggi dengan pertimbangan kalau ada kerusakan maka cepat diperbaiki, tapi karena adanya kasus pencurian ini maka mau tidak mau harus ditempatkan ke tempat yang lebih tinggi lagi. Karena kalau kita biarkan di tempat yang seperti sekarang ini maka lama-lama bisa hilang semua,” katanya.

Dikatakan, saat ini Loteng akan menjadi tuan rumah sejumlah event internasional di Sirkuit Mandalika. Karena itu pihaknya memastikan kondisi PJU ini akan segera dilakukan perbaikan agar lampu PJU kembali normal. “Sekarang tugas kita bagaimana memberikan penyadaran kepada masyarakat karena ini untuk kepentingan umum. Kalau bypass terang maka semua merasakan aman dan nyaman,” tandasnya. (fhr)

- Advertisement -

Berita Populer