Jelang Maulid, Harga Bumbu Dapur Stabil

Kondisi pedagang di Pasar Kebon Roek (Inside Lombok/dok)

Mataram (Inside Lombok) –Menjelang peringatan Maulid Nabi harga bumbu dapur di pasar Mandalika Kota Mataram masih stabil. Misalnya, harga cabai rawit masih Rp15 ribu per kilogram.

Kepala Bidang Pengendalian Barang Pokok dan Penting Dinas Perdagangan Kota Mataram, Sri Wahyunida mengatakan menjelang maulid belum ada lonjakan harga yang cukup signifikan.

“Bumbu dapur ini masih stabil. Cabai itu masih normal Rp15 ribu. Karena dipengaruhi oleh masa panen,” jelasnya, Rabu (13/10).

Diterangkan Wahyunida, saat ini sudah masuk musim panen cabai. Sehingga mempengaruhi harga salah satu komoditas pertanian tersebut di pasar. “Kalau dulu kan sampat sampai Rp100 ribu per kg,” ujarnya.

Salah seorang pedagang di Pasar Mandalika Kota Mataram, Rauhun mengatakan harga bawang putih juga masih normal, yaitu Rp22 ribu per kilogram. Untuk bawang putih sendiri sejauh ini belum pernah mengalami lonjakan harga meskipun peringatan hari besar keagamaan.

“Tidak pernah naik harga bawang putih. Karena stok terpenuhi,” ujarnya kepada Inside Lombok.

Berbeda halnya dengan bawang merah yang mengalami sedikit lonjakan harga. Saat ini harga bawang merah mencapai Rp20 ribu per kilogram. Di mana sebelumnya harga bawang merah berkisar Rp18-19 ribu per kilogram. Kenaikan ini disebabkan persediaan sudah mulai menipis.

“Ada yang dikirim ke Jawa bawang ini makanya agak mahal sekarang,” ujarnya.

Sejauh ini, harga bumbu dapur tidak dipengaruhi oleh peringatan hari-hari besar keagamaan. Namun biasanya yang mempengaruhi harga komoditas pertanian tersebut yaitu stok yang mulai terbatas.

“Ini saja masih sepi belum banyak yang laku. Tidak terlalu ngaruh ke harga kalau Maulid ini,” terangnya.