Jelang MotoGP, Potensi Pertukaran Wisatawan Lewat Jalur Laut Dinilai Besar

91
Kapal yang bersandar di pelabuhan Lembar, beberapa waktu lalu. (Inside Lombok/Yudina Nujumul Qur'ani).

Lombok Barat (Inside Lombok) – Segera digelarnya MotoGP di Mandalika diproyeksikan berdampak juga bagi geliat transportasi laut di Pelabuhan Lembar. Penyebrangan menuju Pulau Lombok pun semakin dilirik para pengusaha kapal.

“Penyelenggaraan MotoGP ini bisa meningkatkan geliat transportasi di laut Lembar,” ungkap Kepala KSOP Kelas III Lembar, R Pardigdo belum lama ini.

Ia menilai semakin banyak pengusaha kapal yang mulai melihat peluang akomodasi laut untuk dikembangkan di Lembar. Termasuk kapal-kapal besar yang mulai membuka rute dari jalur selat Lombok tersebut.

Dampak positif ini, kata dia, bisa dilihat dari semakin banyaknya pengembangan rute penyebrangan menuju Lembar. Tidak hanya rute Padanbai – Lembar, tetapi juga ada Banyuwangi – Lembar atau pun juga Surabaya – Lembar.

“Ke depannya nanti penyeberangan di Lembar ini akan bisa terus berkembang,” jelasnya.

Hal senada diutarakan General Manager Pelindo III Cabang Lembar, Baharuddin. Menurutnya, potensi ini tentu akan bisa berpengaruh pada perkembangan daerah. Karena semakin banyak kapal yang datang, maka perekonomian daerah juga bisa lebih terdorong.

Bahkan, kata dia, ini bisa menjadi peluang pasar wisatawan domestik. Karena semakin memberi kemudahan akses untuk berwisata ke NTB, terutama Lombok.

“Peluang ini bisa jadi konektivitas pertukaran wisatawan. Karena potensi wisata bisa didukung melalui perkembangan transportasi laut ini,” pungkas Bahar. (yud)