Jelang Ramadhan, Polres Mataram Siap Gelar Operasi Penyakit Masyarakat

519
Kapolres Mataram, AKBP Saiful Alam (Inside Lombok/Bayu Pratama)

Mataram (Inside Lombok) – Menyambut Ramadan 2019 (1440 Hijriah) yang diperkirakan jatuh pada awal bulan Mei, Polres Mataram telah menyiapkan untuk menggelar Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat).

Hal tersebut disampaikan Kapolres Mataram, AKBP Saiful Alam, Rabu (24/04/2019). Dalam Operasi Pekat tersebut pihak kepolisian akan menjaring praktek perjudian, prostitusi, pasangan mesum, premanisme, dan minuman keras (miras).

“Ini ada operasi kepolisian, Operasi Pekat, dimulai tanggal 26 April sampai 9 Mei (2019),” ujar Saiful, Rabu (24/04/2019) ditemui di Polres Mataram.

Saiful menegaskan operasi tersebut bertujuan untuk menyambut bulan Ramadan sehingga umat Muslim dapat melaksanakan ibadah puasa dengan baik.

“Supaya umat Muslim pada khususnya dalam melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan ini dapat dilaksanakan dengan baik,” ujar Saiful.

Operasi Pekat sendiri adalah operasi yang kerap dilakukan oleh pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk menindak penyakit masyarakat seperti perjudian, prostitusi, pasangan mesum, premanisme, dan miras.

Bagi oknum yang terjaring dalam kasus pasangan mesum, akan diminta membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi sebelum akhirnya dibebaskan. Sementara untuk para pelaku lain seperti tindak perjudian atau kepemilikan miras akan diproses sesuai hukum yang berlaku.