Jelang WSBK, Hotel di Mataram Mulai Full Book

Salah satu hotel di Mataram yang siap menerima tamu. (Inside Lombok/Azmah)

Mataram (Inside Lombok) –Okupansi hotel di Kota Mataram mulai menggeliat jelang gelaran World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika. Dari data yang diterima Dinas Pariwisata Kota Mataram, tiga hotel berbintang di Kota Mataram bahkan pemesanannya sudah penuh selama tiga hari pelaksanaan WSBK pada 19-21 November mendatang.

“Jelang WSBK ini pemesanan sudah ada. Yang sudah penuh booking ini rata-rata hotel berbintang,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, H. Nizar Denny Cahyadi, Kamis (21/10).

Ia mengatakan, saat ini hotel di Kota Mataram dipastikan sangat siap menyambut tamu pada event WSBK. Jumlah kamar yang disiapkan untuk event tersebut mencapai dua ribuan kamar.

Disebutkan, saat ini kamar hotel yang ada di Kota Mataram sekitar 4.077 unit. Namun dari jumlah tersebut sudah digunakan sebanyak 1.300 unit untuk karantina kayawan perusahaan.

“Sekitar dua ribuan kamar yang bisa digunakan. Kita siap fasilitasi kebutuhan, misalnya untuk karatina. Kan tergantung dari permintaan dari panitia WSBK,” jelas Deni.

Meskipun pelaksanaan kegiatan tersebut dipusatkan di Lombok Tengah, aetiap kabupaten/kota juga ikut menyiapkan akomodasi pengunjung yang akan datang. Karena itu Denny optimis, okupansi hotel akan kembali meningkat pada triwulan terakhir tahun 2021 ini.

Peningkatan ini sudah mulai terlihat pada September lalu. Di mana okupansi hotel di Kota Mataram mencapai 72 persen. Angka tersebut cukup menggembirakan di tengah pandemi Covid-19 ini. Meksipun, okupansi hotel didominasi oleh tamu domestik.

“Dari 72 persen okupansi itu, saya kurang tahu yang berapa yang domestik. Tetapi ini sudah bagus sekali okupansinya,” tandas Denny.