Kabar Gembira, 11 Ruas Jalan di Loteng Akan Diperbaiki Tahun Ini

Lombok Tengah (Inside Lombok)-Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Lombok Tengah, Lalu Firman Wijaya mengatakan, sebanyak 11 ruas jalan di Lombok Tengah akan dibangun pada tahun 2021 ini.

“Saat ini proses tender sedang berjalan dan beberapa ruas sudah mulai dikerjakan,”kata Firman di Praya.

Pembangunan jalan tersebut ada yang dalam bentuk aspal lapen dan ada juga yang hotmiks. Anggaran perbaikan jalan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU).

“DAK Penugasan Bidang Jalan, DAK Reguler, DAK Penugasan Trandes dan DAU sumber anggarannya,”jelas Firman.

Adapun sebelas ruas jalan yang akan diperbaiki tersebut di antaranya adalah ruas jalan Darek-Pelambek dan Peseng-Lendang Are (batas Loteng-Lotim). Selanjutnya adalah jalur Truwai-Pasung, Pengenjek-Lendang Gocek dan ruas jalan Sintung-Selakan.

Lalu ruas jalan Tenang-Pernauh-Jero Bunut/Kawo-Tenang. Ruas jalan Prai-Bual, Bonder-Bolorgejek, Ketangan-Kelekuh, Aluan- Kemangi, serta ruas jalan MT.Beliak-Mengelok Dasan Baru.

Sementara untuk beberapa ruas jalan desa belum bisa dinaikkan statusnya menjadi jalan kabupaten seperti permintaan kepala desa. Karena tak sesuai dengan klasifikasi jalan tersebut. Di mana ruas jalan di bawah lima meter termasuk bahu jalan plus ada saluran.

“Sedangkan yang sesuai aturan adalah badan minimal empat meter dan bahu satu meter kiri kanan di luar saluran sehingga minimal enam meter baru bisa ditingkatkan kelas jalannya,”imbuh Firman.